Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, belum mengumumkan Formulir Model D atau penetapan hasil resmi Pemilu 2024 terkait dengan raihan kursi partai politik atau calon anggota legislatif secara resmi karena masih menunggu rapat pleno terbuka provinsi.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur Muchamad Ridwan di Cianjur, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya belum bisa membenarkan hasil perolehan kursi masing-masing parpol peserta pemilu dan nama caleg yang lolos. Namun, hasil itu sudah beredar di berbagai kalangan, termasuk di media sosial.

"Saya belum bisa membenarkan karena itu bukan produk D Hasil KPU Cianjur. Kami masih menunggu rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi tuntas, kemudian rapat pleno terbuka di KPU RI," katanya.

Ridwan meminta masyarakat dan peserta Pemilu 2024 di Cianjur bersabar menunggu hasil rapat pleno terbuka atau pengumuman resmi D Hasil Pemilu 2024 tuntas hingga ke tingkat KPU RI sebelum diumumkan secara resmi raihan suara partai politik dan nama calon wakil rakyat yang lolos ke gedung dewan.

Hingga saat ini, pihaknya baru tuntas dan telah mengumumkan raihan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden di Cianjur dengan suara terbanyak diraih pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran diikuti pasangan nomor urut 1 Anis-Muhaimin dan pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.

"Baru hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI yang sudah dapat diumumkan, sedangkan yang lainnya masih menunggu pleno tingkat KPU RI tuntas dilakukan yang jadwalnya masih menunggu," katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Cianjur T.B. Mulyana Syachrudin mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari KPU setempat terkait dengan hasil Pemilu 2024 meski pihaknya sudah mengantongi hasil perolehan suara partai beserta nama caleg yang lolos mulai dari DPR RI, DPRD I, hingga DPRD II.
"Kalau hasilnya sesuai dengan rekapitulasi tingkat kabupaten, kami sudah mengantongi termasuk perolehan kursi yang meningkat ketimbang Pemilu 2019. Namun, resminya kami masih menunggu D Hasil dari KPU Cianjur," katanya.

Sementara itu, daftar rekap perolehan kursi beserta nama calon anggota DPRD Kabupaten Cianjur terpilih dalam Pemilu 2024 sudah banyak beredar di berbagai media, termasuk pesan singkat WhatsApp.

Dalam daftar tersebut tercatat 50 nama caleg dari berbagai partai politik yang diperkirakan lolos ke gedung DPRD Kabupaten Cianjur, termasuk jumlah kursi yang diperoleh partai politik pemenang Pemilu 2024.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024