Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pemilihan umum (pemilu) 2024 tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) tuntas, untuk selanjutnya dilakukan tahap rapat pleno tingkat kabupaten yang dijadwalkan 29 Februari 2024.

"Sudah, tinggal sirekap (sistem rekapitulasi informasi) lima kecamatan lagi," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin saat dihubungi di Garut, Selasa.

Ia menuturkan pelaksanaan pemilu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Garut sudah dilaksanakan di 8.000 tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

"Selesai penghitungan suara di tingkat TPS, selanjutnya melakukan rekapitulasi hasil pemilu di 42 PPK yang sudah mulai dilaksanakan sejak 17 Februari 2024 dan sampai saat ini sudah selesai rapat pleno di tingkat kecamatan," ujarnya.

Dia menyampaikan tahapan selanjutnya setelah rapat pleno di tingkat PPK maka akan dilaksanakan rapat pleno tingkat Kabupaten Garut sebelum nanti dilaporkan untuk tahapan selanjutnya di tingkat provinsi.

"Plenonya beres di kecamatan. Kabupaten nanti Insyaallah tanggal 29 (Maret 2024)," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha mengatakan sejumlah personel, termasuk jajaran Polsek sudah disiagakan untuk melakukan pengamanan selama tahapan pemilu di tingkat kecamatan dan nanti juga di tingkat kabupaten.
Ia menyampaikan kepolisian bersama petugas lainnya juga melakukan penjagaan di PPK dan juga mengamankan saat proses pengangkutan logistik, khususnya surat suara dari PPK ke KPU Kabupaten Garut.

"Anggota kami selalu siap siaga mengawal pergeseran kotak suara tersebut," kata Kapolres.

Ia menambahkan saat pelaksanaan rapat pleno di tingkat KPU Kabupaten Garut akan disiagakan sejumlah personel kepolisian untuk menjaga proses kegiatan tersebut agar berlangsung lancar dan aman.

Selama ini, kata dia, pelaksanaan pemilu di Garut sejak pelaksanaan pencoblosan di TPS, kemudian rapat pleno di PPK berlangsung lancar sampai selesai.

"Nanti pengamanan akan difokuskan di tingkat kabupaten atau tingkat KPU Garut," kata Kapolres.

Sementara itu, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Garut tercatat sebanyak 1.999.061 jiwa tersebar di 42 kecamatan.

KPU Garut mengumumkan secara terbuka hasil perolehan pemilu di tingkat Kabupaten Garut yang dapat diakses melalui situs pemilu2024.KPU.go.id.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024