Antarajawabarat.com,26/7- Calon penumpang di Terminal Pasirhayam, Cianjur, Jabar memasuki H-2 lebaran, Sabtu, mulai meningkat dan di sejumlah terminal bayangan terlihat penumpukan penumpang.

Sebagian besar penumpang tersebut akan melanjutkan perjalanan mudik ke sejumlah wilayah di Cianjur Selatan. Hal yang sama terlihat sepanjang jalur menuju selatan, di mana volume kendaraan dengan ciri khas mudik terus meningkat didominasi sepeda motor.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Cianjur, Aban Sobandi mengatakan, peningkatan jumlah penumpang di Terminal Pasir Hayam, akan terus mengalami peningkatan hingga H-1, sedangkan puncak kepadatan penumpang diperkirakan akan terjadi malam ini.

"Untuk hari ini jumlah penumpang terus meningkat dengan tujuan selatan Cianjur. Volumenya akan terus meningkat hingga esok hari dan puncak kepadatan penumpang diperkirakan akan terjadi malam ini," katanya.

Sepanjang Jalur Cianjur menuju wilayah selatan, dimana volume kendaraan pemudik berbagai jenis mulai memadati jalur selatan, didominasi pemudik bersepeda motor.

Dia menjelaskan, volume kendaraan pemudik dengan sepeda motor tujuan selatan itu, mulai meningkat pada H-7 lebaran. Memasuki H-2 jumlahnya terus meningkat, iring-iringan pemudik bermotor itu, mencapai 20 sampai 30 kendaraan setiap rombongan.

"Beberapa hari sebelumnya pemudik yang melintas hanya terlihat pada siang hingga sore menjelang malam. Namun memasuki H-2 ini, malam haripun jumlah kendaraan pemudik dengan tujuan selatan terus meningkat," katanya.

Pihaknya mengakui di sepanjang jalur selatan Cianjur, masih minim sarana dan prasarana penunjang jalan seperti minimya lampu penerang jalan, rambu lalulintas dan masih rusaknya sejumlah ruas jalan di sepanjang jalur selatan.

Sehingga pihaknya mengimbau pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor dengan tujuan wilayah terjauh di selatan, agar waspada dan berhati-hati, jika kelelahan dapat berhenti untuk istirahat di sejumlah pos pangamanan dan posko milik Dishub yang telah didirikan di wilayah selatan.

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti, menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik yang akan melintasi di jalur Cianjur selatan, dengan mendirikan tempat istirahat, layanan kesehatan dan sejumlah Pospam.

"Untuk jalur selatan, kita siapkan dua Pospam. Untuk memberikan pelayanan pada pemudik dan warga, kami melakukan patroli di wilayah itu setiap hari dengan jadwal diperbanyak," tuturnya.***3***(KR,FKR)

Fikri

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014