Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah menuntaskan pendistribusian seluruh logistik Pemilu 2024 ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) di wilayah itu.

“Untuk pendistribusian logistik termasuk surat suara sudah rampung ke-31 kecamatan di Kabupaten Bandung,” kata kata Kepala Bagian (Kabag) Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten Bandung, Dheny Irawan di Kabupaten Bandung, Senin.

Baca juga: KPU Kabupaten Bandung terima surat suara pengganti yang rusak

Dheny mengatakan saat pendistribusian logistik dari gudang KPU menuju gudang yang di masing-masing kecamatan membutuhkan waktu selama satu hingga tiga hari pengiriman.

“Pengiriman dari kabupaten ke kecamatan itu rata-rata memakan waktu setiap kecamatan itu dua hari. Ada yang satu hari karena jumlah TPS nya sedikit, tapi ada juga yang tiga hari seperti di Kecamatan Baleendah karena jumlah TPS sangat banyak,” kata dia.

Ia menambahkan dalam pendistribusian logistik, dilakukan secara bertahap sesuai dengan kecamatan terjauh atau sulit dijangkau di masing-masing gudang kecamatan.

Adapun wilayah terluar tersebut, seperti di Kecamatan Pasir Jambu, Rancabali, Pangalengan, Kertasari, hingga Pacet. Karena, kondisi topografi di beberapa kecamatan tersebut dinilai cukup jauh dari dijangkau dalam pendistribusian logistik pemilu.

“Kita memprioritaskan pengiriman dari yang terjauh terutama di daerah yang perbukitan dan setelah itu baru di kecamatan-kecamatan yang mudah dijangkau,” katanya.

Lebih lanjut, Dheny mengungkapkan saat ini petugas PPK sudah mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 dari gudang kecamatan menuju masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Bandung.


“Hari ini mulai beberapa kecamatan yang sekarang sudah mulai distribusi logistik dari gudang PPK ke TPS,” kata Dheny.

Selain itu, dia mengatakan pada pelaksanaan pengiriman logistik ini pihaknya diberikan pengawalan yang ketat oleh jajaran Polresta Bandung dari gudang milik KPU hingga sampai ke masing-masing gudang di kecamatan.

Menurutnya, pengawalan sendiri bertujuan untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang dapat merusak logistik pemilu atau ancaman-ancaman gangguan lainnya.

“Untuk pendistribusian logistik dari gudang KPU ke gudang kecamatan dikawal ketat oleh personel dari masing-masing polsek di kecamatan setempat,” kata dia.

Baca juga: KPU Kabupaten Bandung distribusikan 13,5 juta surat suara mulai 3 Februari

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024