Antarajawabarat.com, 22/7 - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyiagakan tim personel "rescue" di jalur mudik Lebaran 2014 di wilayah Pantura dan selatan Jawa Barat.

"Posko BPBD ditepatkan di sejumlah titik di Pantura dan jalur selatan. Semuanya dilengkapi dengan personel rescue dan kedaruratan," kata Kepala BPBD Jabar Hariyadi di Bandung, Selasa.

Selain menurunkan personEl BPBD provinsi, BPBD kabupaten/kota yang terlintasi arus mudik dikerahkan ke lapangan bergabung dengan personel Polri, TNI, Dishub dan elemen lainnya.

Haryadi menyebutkan BPBD telah menyebarkan data titik rawan bencana alam di jalur mudik maupun di daerah tujuan pemudik.

"Di tiap daerah di jalur mudik terdapat rawan bencana longsor, banjir dan juga gerakan tanah. Kami sudah informasikan ke daerah sehingga BPBD kabupaten/kota mensosialisasikan kepada pemudik," katanya.

Ia menyebutkan daerah rawan bencana di jalur selatan Jabar lebih banyak dibandingkan dengan jalur pantura. Khususnya daerah rawan bencana gerakan tanah di jalur jalan di Jawa Barat dan perbatasan Jateng.

"Hampir di setiap kabupaten dan provinsi ada. Garut, Cicalengka, Tasik misalnya," kata Hariyadi.

Untuk penanggulangan bencana di jalur mudik, Hariyadi mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan peringatan dan deteksi dini dari setiap titik rawan bencana dan banjir.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014