Sejumlah akademisi yang mengatasnamakan Forum Guru Besar mengimbau kepada seluruh civitas akademika untuk menghindari pernyataan yang bisa menggiring opini elektoral dan menempatkan kepentingan bangsa dan negara.
 
Ketua Presidium Forum Guru Besar Indonesia Prof Singgih Tri Sulistyono mengatakan, dalam menyikapi perkembangan kehidupan kebangsaan yang semakin memanas, akademisi dan cendekiawan serta tokoh-tokoh masyarakat hendaknya menyampaikan pemikiran pemikiran yang lebih menyejukkan daripada membakar situasi.
 
"Lebih mendamaikan daripada meramaikan, lebih solutif dari pada provokatif," kata Singgih dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Guru besar di Universitas Diponegoro itu mengajak para akademisi dan cendikiawan bangsa menjadi suluh dengan berdiri di tengah dan mengayomi, mencerahkan ketika gelap, dan menjadi penuntun masa depan.
 
Menurutnya para akademisi dan cendikiawan jangan justru menyampaikan penyataan yang dapat menimbulkan kesan seolah mengiring opini politik elektoral terhadap pihak tertentu dan menegasikan pihak lain sehingga menyulut suasana yang penuh ketegangan dan konflik.

Adapun pernyataan Forum Guru Besar itu dihadiri oleh 15 orang guru besar dari berbagai perguruan tinggi, dan menghasilkan 8 maklumat yang dimaksudkan untuk mendinginkan dan mendamaikan suasana serta solutif terhadap persoalan persoalan kebangsaan.
 
Dia pun berharap maklumat yang disampaikan oleh presidium dapat menjadi pencerah bagi semua pihak demi keutuhan dan kejayaan NKRI, di tengah situasi kontestasi politik lima tahunan tersebut.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Forum Guru Besar imbau akademisi hindari penggiringan opini elektoral

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024