Antarajawabarat.com,18/7 - Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mulai menyiapkan posko mudik Lebaran 2014 di sejumlah jalur, seperti di jalan alternatif Cijapati-Garut melalui Cicalengka dan Majalaya.

"Pihaknya sudah menyiapkan posko pantauan arus mudik dan balik Lebaran 2014, diperkirakan pekan depan difungsikan, seperti di jalur Cijapati dari Kabupaten Bandung tujuan Garut melintasi Cicalengka dan Majalaya," kata Ahmad Ropik, Kepala Terminal Ciparay di Bandung, Jumat.

Ia mengatakan sejumlah posko mulai disiapkan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung untuk memudahkan para pemudik dan petugas mengarahkan arus lalu lintas.

Sementara itu, Karman petugas Dishub Kabupaten Bandung di Cicalengka menuturkan posko mudik lebaran mulai disiapkan di sejumlah jalur, terutama yang cukup padat volume kendaraan mulai dari Cileunyi arah Cirebon, tujuan Garut dan jalan alternatif.

Dikatakannya jalur alternatif Cijapati arah Garut dari Cicalengka dan Majalaya akan padat dilalui para pemudik, sehingga jalur tersebut ramai dilintasi roda dua dan kendaraan pribadi.

Ujang, salah seorang pengawas perbaikan jalan di Bandung, menuturkan jalur alternatif Cijapati mengarah ke Kabupaten Garut dari Cicalengka dan Majalaya siap dilewati pemudik Lebaran 2014, dengan kondisi jalan sepanjang 18,5 kilometer layak dilintasi.

Menurut dia, jalan alternatif Cijapati-Garut cukup padat dilalui para pemudik karena jalur utama Cicalengka-Nagreg macet total, sehingga diminati pengendara roda dua dan maupun kendaraan pribadi roda empat.

Perbaikan jalan alternatif Cijapati-Garut rutin dilakukan, kata dia, sehingga layak digunakan para pemudik.

Selain itu, menurut dia, jalur tersebut jarang dilewati kendaraan bermuatan berat, karena tanjakannya cukup tajam sehingga perawatan lebih ringan dibandingkan arah Majalaya-Cicalengka.***2***

Enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014