Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, Jawa Barat, telah menyelesaikan kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 sebanyak 1.703.044 lembar.

Anggota KPU Kota Cimahi Emsidelva Okasti mengatakan pihaknya saat ini tinggal melakukan pengemasan dan pengepakan surat suara di gudang logistik KPU.

"Alhamdulillah kegiatan sortir dan lipat surat suara, dan pembayaran kepada petugas sudah selesai. Sekarang kami sedang mengerjakan di gudang itu pengesetan dan pengepakan surat suara," kata Emsidelva di Cimahi, Jawa Barat, Minggu.

Dia mengatakan pengerjaan sortir dan lipat surat suara di KPU Kota Cimahi menggunakan jasa 245 pekerja yang memenuhi kriteria dari seluruh kecamatan.

"Jadi, kegiatan yang melibatkan pekerja dari masyarakat Cimahi ini bisa berlangsung tertib dan syarat-syarat untuk menjadi pekerja sortir dan lipat ini juga ketat dan mereka bisa memenuhi itu semua," jelasnya.

Setelah melalui penyortiran dan pelipatan, kata dia, pihaknya tinggal menunggu surat suara datang kembali setelah ditemukan dalam keadaan rusak.

KPU Kota Cimahi menemukan 1.654 surat suara rusak, yang terdiri atas 63 surat suara pilpres, 683 surat suara DPD RI, 404 surat suara DPR RI, 380 surat suara DPRD Provinsi Jawa Barat, dan 124 surat suara DPRD Kota Cimahi.

Emsidelva memastikan surat suara yang dinyatakan rusak itu akan segera dikirim kembali oleh percetakan untuk mendapatkan ganti baru sesuai jumlah surat suara rusak.

"Tetapi kalau dilihat dari persentase kerusakan dan jumlah surat suara yang didistribusikan kepada kami, itu sekitar 0,02 persen. Jadi, sangat sedikit yang rusak," ujarnya.

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024