Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meluncurkan program 'Sabda Alam' kependekan dari Siap bekerja datang melayani akta kelahiran dan kematian, sebagai upaya mempermudah pelayanan administrasi kependudukan di daerah itu.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan sudah menjadi kewajiban seluruh perangkat daerah di lingkup Pemkab Bekasi untuk selalu meningkatkan dan memperbarui pelayanan dasar kepada masyarakat melalui sejumlah inovasi yang dilakukan.

"Harapannya agar pelayanan dasar adminduk (administrasi kependudukan) kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan tahun 2024. Pelayanan tahun ini masih banyak berbentuk offline maupun door to door, mesti dioptimalkan dengan pelayanan digital juga, seperti pada program bertajuk Sabda Alam ini," katanya di Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan Sabda Alam merupakan upaya optimalisasi pelayanan administrasi kependudukan secara daring oleh Disdukcapil Kabupaten Bekasi yang masih dikombinasikan dengan pelayanan luring sampai nanti sudah betul-betul mampu daring keseluruhan.

"Pada prinsipnya masyarakat lebih mudah hanya dari rumah, layanan adminduk bisa selesai," katanya.

Menurut dia, apabila melihat karakter masyarakat Kabupaten Bekasi yang sangat beragam, berbagai pendekatan dan skema pelayanan harus terus dikombinasi. Hal demikian juga berlaku untuk pelayanan dasar administrasi kependudukan.

"Dan memang mesti butuh stamina, karena satu layanan kita mungkin belum bisa langsung diterima, lalu kita evaluasi, perbaiki. Inilah yang sudah dilakukan Disdukcapil dari waktu ke waktu," ucapnya.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023