Kepolisian Resor Garut mulai menyiagakan sejumlah personel dari Satuan Lalu Lintas di jalur utama untuk melakukan pengamanan lalu lintas yang diprediksi akan terjadi peningkatan arus kendaraan saat musim libur panjang akhir pekan dan Natal di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Sudah siaga, sudah serpas (pergeseran pasukan) di lapangan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Jumat.

Ia menuturkan personel yang diterjunkan tidak hanya dari jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Garut, tapi juga dari instansi terkait pemerintah daerah, maupun TNI dan unsur lainnya.

Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2023 itu, kata dia, berlangsung mulai saat ini sampai 2 Desember 2024 dengan prioritas pengamanan di antaranya jalur utama, yang selanjutnya di jalur wisata.

Ia menyampaikan saat ini arus lalu lintas kendaraan dari arah Bandung menuju Garut masih terpantau normal, dan diprediksi akan terjadi peningkatan pada Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12).

"Situasi lalu lintas masih normal. Prediksi (lonjakan arus kendaraan) besok dan Minggu," kata Aang.

Ia menyampaikan jajarannya sudah terlebih dahulu melakukan pengecekan jalur untuk mengetahui kondisi di lapangan, seperti kondisi jalan, ketersediaan rambu-rambu dan potensi hambatan lainnya di jalan raya.
Secara keseluruhan dari hasil pengecekan jalan di wilayah selatan, utara, maupun perkotaan Garut, kata dia, kondisinya dinilai aman dan layak dilintasi kendaraan saat momentum libur Natal dan Tahun Baru.

"Secara keseluruhan bisa dipergunakan dengan aman," katanya.

Ia menambahkan, meski kepolisian sudah memastikan kondisi jalanan, juga memeriksa kelayakan angkutan umum, tidak membuat masyarakat lengah atau mengabaikan keselamatan diri saat di jalan raya.

Ia mengimbau pengguna jalan agar selalu mengecek kondisi kesehatan, dan kelayakan kendaraan, apabila merasa lelah atau mengantuk secepatnya beristirahat di tempat aman.

"Imbauan berkendara dengan baik, tertib, cek kondisi kendaraan, kalau lelah segera istirahat," kata Aang.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023