Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mulai melakukan penyortiran dan perakitan kotak suara untuk Pemilihan Umum 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024.

“Untuk perakitan kotak suara di Kabupaten Bandung untuk Pemilu 2024 dimulai pada hari ini,“ kata Kepala Bagian (Kabag) Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten Bandung, Dheny Irawan di Kabupaten Bandung, Rabu

Ia mengatakan pihaknya melibatkan sebanyak puluhan tenaga profesional untuk merakit seluruh kotak suara yang akan didistribusikan ke 11.034 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Adapun petugas sebanyak 60 orang, nantinya akan merakit sejumlah 55.173 kotak suara,” katanya.

Dalam perakitan tersebut, lanjut dia, para pekerja akan diberi upah sesuai standar biaya yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi Jawa Barat. Perakitan dilakukan di Gudang logistik KPU yang ada di kawasan Katapang Kabupaten Bandung.

“Kalau di Kabupaten Bandung kita memberikan upahnya sebesar Rp2.300 per kotak suara,” kata dia.

Dheny menargetkan perakitan kotak suara akan selesai sebelum tanggal 29 Desember mendatang dan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan penambahan pekerja dalam perakitan tersebut.

“Diperkirakan dan ditargetkan selesai dalam 10 hari. Kalau bisa lebih cepat, nanti kita bisa target lima hari dengan cara kita tambah petugasnya,” kata Dheny.


Ia menjelaskan dari 55.173 kotak suara itu sudah termasuk cadangan sebanyak 62 buah. Artinya dalam satu kecamatan mendapatkan cadangan sebanyak dua buah kotak suara.

Pihaknya akan menyalurkan kotak suara beserta kelengkapan ke tempat pemungutan suara (TPS) pada H-1 sebelum pemungutan.

“Kalau untuk penyaluran kotak suara ke TPS itu dilaksanakan H-1, tetapi rangkaian kegiatannya itu mulai dari sekarang,” katanya.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023