Antarajawabarat.com, 1/5 - Buruh dari sejumlah perusahaan garmen di Kota Bandung melakukan bakti sosial membersihkan sampah di kawasan Jalan Kawarang dan Jalan Jakarta, Kota Bandung, Kamis.

Kegiatan yang digelar pagi hari itu diikuti para buruh dari pabrik garmen yang berlokasi di kawasan Kota Bandung, khususnya di kawasan Jalan Karawang dan sekitarnya.

Wakil Wali Kota Bandung H Oded M Danial juga hadir pada kegiatan Hari Buruh Sedunia atau "May Day" 2014 tersebut. Para buruh bersama sejumlah pejabat Pemkot Bandung, Polri dan TNI di Kota Kembang membersihkan kawasan itu.

Selain itu mereka juga mengangkat sampah dan material yang mengganggu saluran air di kawasan tersebut.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari Hari Buruh, selain itu kami juga menyampaikan aspirasi buruh," kata Khaerul salah seorang karyawan pabrik garmen yang ikut kegiatan itu.

Lokasi peringatan Hari Buruh di Kota Bandung dilakukan di tiga titik yakni di kawasan Gasibu depan Gedung Sate, Depan GOR Bandung serta di kawasan Cikapundung Kota Bandung.

Hal sama juga di kawasan industri Rancaekek dan Cikeruh Kota Bandung. Perwakilan buruh dari kawasan tersebut melakukan aksi sosial membersihkan saluran air di kawasan Jalan Raya Rancaekek tepatnya di depan kawasan industri PT Kahatex.

Sebelumnya, perwakilan buruh melakukan apel bersama di Kompleks industri tekstil terbesar di kawasan itu. Selanjutnya para buruh membersihkan saluran air dan sungai yang ada di kawasan itu.

Lokasi bakti sosial itu yakni di jalur rawan kemacetan dan rawan banjir yang mengganggu arus lalu lintas Bandung - Nagreg - Garut. Aksi bakti sosial itu juga dibantu oleh pejabat Pemkab Soreang, Polri, TNI dan relawan.

Arus lalu lintas di lokasi bakti sosial itu sempat tersendat namun tidak sampai mengakibatkan kemacetan di kawasan jalur utama Bandung - Nagreg - Garut itu.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari Hari Buruh di wilayah Cikeruh Kabupaten Sumedang dan sekitarnya, lokasi ini memang rawan banjir akibat saluran air di sana yang terganggu sampah dan sempit," kata Kapolres Sumedang AKBP Yuli Kurniawan.

Sedangkan peringatan Hari Buruh di Kota Cimahi dipusatkan di Lapangan Krida Kecamatan Cimahi Selatan. Sebelumnya digelar kegiatan jalan santai. Sementara itu sebagian buruh dari Kota Cimahi melakukan longmarch ke kawasan Gasibu Kota Bandung untuk bergabung melakukan aksi buruh di depan Kantor Gubernur Jabar itu.

Sementara itu aksi buruh di depan Gedung Sate Bandung dilakukan oleh sejumlah organisasi buruh. Polisi yang melakukan pengamanan melakukan penutupan Jalan Diponegoro Bandung dan melakukan rekayasa arus lalu lintas di kawasan itu.

Aksi di Gasibu mengakibatkan kemacetan di Jalan Surapati, Jalan Supratman. Arus lalu lintas dari arah selatan dialihkan menggunakan jalur Jalan Cimandiri dan Jalan RE Martadinata Kota Bandung sehingga mengakibatkan kepadatan di jalur itu.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014