Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, berhasil meraih Penghargaan Anugerah Meritokrasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan Predikat Sangat Baik tahun 2023 yang diberikan di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel, Kota Yogyakarta, Kamis (7/12/2023).

Anugerah Meritokrasi merupakan penghargaan yang digelar dalam rangka mengapresiasi instansi pemerintah yang berhasil menerapkan Sistem Merit dengan baik. Penghargaan itu diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah dari Ketua KASN Republik Indonesia Agus Pramusinto.

Dalam acara tersebut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, kemudian pejabat dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Lembaga Administrasi Negara, BKN RI, Arsip Nasional RI, anggota KASN Republik Indonesia, dan kepala daerah penerima penghargaan, juga tamu undangan dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya: Korpri harus miliki wawasan teknologi

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat dua prioritas kerja Presiden di antaranya pengembangan sumber daya manusia dan reformasi birokrasi. 

Ia menambahkan, demi terwujudnya transformasi dan akselerasi birokrasi yang berkelas dunia dan profesional maka dibutuhkan sistem kerja yang baik dan prima, ekosistem kerja, aspek nilai dasar dan budaya kerja, manajemen karir dan talenta.

Aspek-aspek tersebut, kata dia, harus dilaksanakan oleh setiap instansi pemerintah melalui pelaksanaan Sistem Merit yang dijalankan secara optimal.

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan bekerja keras, khususnya BKPSDM dan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Tasikmalaya, sehingga dapat meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi dengan Predikat Sangat Baik di tahun 2023 atau meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mendapat predikat Baik. 

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya tiga kali berturut-turut raih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Jabar

Pemkot Tasikmalaya sudah mempersiapkan strategi dan tahapan-tahapan untuk mewujudkan Sistem Merit di antaranya melalui manajemen talenta dalam pelaksanaan pemerintahan.

"Saya berharap Pemerintah Kota Tasikmalaya bisa mempertahankan predikat ini di tahun 2024," katanya.

Telah diraihnya penghargaan tersebut, kata Cheka, menjadi bukti Komitmen Pemkot Tasikmalaya dalam peningkatan penerapan Sistem Merit sesuai peraturan perundang-undangan dalam menerapkan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi.

Tahun 2022 Pemkot Tasikmalaya hanya mendapatkan penilaian Indeks Sistem Merit sebesar 254,5 dengan meraih Predikat Baik, di tahun 2023 kali ini Pemkot Tasikmalaya berhasil meraih Indeks Sistem Merit sebesar 327 dengan Predikat Sangat Baik.


Baca juga: Pemkot Tasikmalaya raih Anugerah Pengadaan 2023 kategori Persentase Nilai Transaksi PDN


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023