Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya sebanyak tiga kali berturut-turut setiap tahunnya meraih Penghargaan Badan Publik Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (30/11/2023).

Penghargaan itu diserahkan oleh Penjabat Gubernur Provinsi Jabar Bey Triadi Machmudin dan diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah yang dihadiri unsur pimpinan daerah Provinsi Jabar, anggota DPRD Provinsi Jabar, Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia dan Provinsi Jabar, juga unsur kepala daerah dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bey Triadi Machmudin menyampaikan bahwa keterbukaan informasi publik sebuah keharusan yang senantiasa merespon setiap kebutuhan serta keluhan masyarakat secara efektif, efisien, dan mudah.

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya luncurkan tempat pariwisata baru Katasik

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyampaikan terima kasih kepada seluruh 'stakeholder' informasi, terutama Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya serta Organisasi Perangkat Daerah jajaran PPID Utama dan PPID Pembantu di Lingkungan Pemkot Tasikmalaya, sehingga Kota Tasikmalaya kembali meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang ketitga kalinya.

"Kota Tasikmalaya kembali meraih Penghargaaan Keterbukaan Informasi Publik ini hasil dari semua, terima kasih semua 'stakeholder' yang sudah terlibat dan ini adalah capaian bersama," katanya.

Ia menyampaikan Penghargaan yang diterima Pemkot Tasikmalaya kali ini menjadi jawaban atas komitmen Pemkot Tasikmalaya dalam mendukung keterbukaan informasi publik, bahkan membuktikan bahwa Kota Tasikmalaya berhasil meraihnya pada tahun 2021, 2022, dan saat ini 2023.
 

Ia mengatakan, penghargaan dari Komisi Informasi Jawa Barat sebagai Badan Publik yang Informatif ini menunjukkan bahwa Pemkot Tasikmalaya terus berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat serta menjunjung tinggi keterbukaan informasi publik, dan menjadi lebih baik ke depannya.

"Mudah-mudahan ini bisa kita pertahankan, mudah-mudahan menjadi semangat untuk semakin baik ke depannya," katanya.
 
Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah foto bersama dengan jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya usai menerima Penghargaan Badan Publik Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (30/11/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Tasikmalaya)

Selain itu, Pemkot Tasikmalaya juga mendapatkan penghargaan sebagai Kota Terbaik Pertama Kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kategori Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Program Pengendalian Inflasi Unggulan (Pinunjul) Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Penghargaan itu diserahkan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Muhammad Taufiq Budi Santoso kepada Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah pada acara pertemuan tahunan Bank Indonesia 2023 dengan tema "Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi" yang dihadiri Presiden Republik Indonesia secara daring di Aula Bale Pasundan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jabar, Rabu (29/11/2023) malam.

"Ini merupakan hasil kerja bersama dari semua pihak, Tim Pengendali Inflasi Daerah juga dari bagian perekonomian, dari BI, juga termasuk dari sektor-sektor yang terlibat," katanya.


Baca juga: Wali Kota sebut rangkaian HUT Kota Tasikmalaya berlangsung sukses

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023