Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyatakan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) atau aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Tasikmalaya, Jabar, harus memiliki kemampuan melayani berbasis wawasan teknologi untuk menjawab tantangan publik yang menuntut pelayanan lebih cepat dan mudah.

"Saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat karena dua hal besar yakni perkembangan teknologi dan perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat. Dua faktor besar pengubah kehidupan ini harus disikapi oleh Korpri," kata Cheka saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Korpri ke-52, hari Persatuan Guru Republik Indonesia ke-78 serta Hari Guru Nasional Tahun 2023 di Balai Kota Tasikmalaya, Rabu.

Ia menuturkan keberadaan Korpri menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan nasional, untuk itu harus memiliki semangat pengabdian dan loyalitas tanpa pamrih kepada negara dan bangsa.

Upaya menjalankan pemerintahan, kata dia, tidak lagi dilakukan dengan cara lama atau konvensional melainkan harus sudah menggunakan sistem teknologi yang lebih canggih dalam memberikan pelayanan.

"Sebagaimana yang kita ketahui bersama, dunia hari ini telah digerakkan oleh Artificial Intelligence, Internet of Thing, Big Data maupun sistem teknologi yang jauh lebih canggih, sehingga kita tidak bisa lagi sepenuhnya menggerakkan pemerintahan dengan cara-cara lama," katanya.

Ia berharap Korpri saat ini bisa menyelesaikan berbagai masalah pelayanan dengan pendekatan yang paling baru sesuai perkembangan zaman.

Menurut dia, digitalisasi dalam memberikan pelayanan maupun marketing untuk semua produk layanan pemerintahan sudah merupakan kebutuhan publik.
"Harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat tajam, masyarakat sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat," katanya.

Ia mengatakan peringatan Hari Korpri 2023 bertemakan "Korprikan Indonesia" itu harus mencerminkan semangat kebersamaan dalam mencapai cita-cita luhur bangsa dengan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, efektif, dan berintegritas.

Korpri di Kota Tasikmalaya, kata dia, sudah saatnya meningkatkan kinerja, berkolaborasi, bersinergi, dan menumbuhkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai ASN.

"Mari kita senantiasa berperan dengan meningkatkan kinerja, berkolaborasi, bersinergi, serta menumbuhkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas, kewajiban, dan tanggung jawab yang diamanahkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya.*

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023