DPRD Kabupaten Garut, Jawa Barat, sudah menetapkan tiga nama pejabat birokrat lalu diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dipilih menjadi Penjabat Bupati Garut mengisi kekosongan kepala daerah mulai Desember 2023 sampai pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak November 2024.

"Hasil rapat pimpinan, kita sudah sepakat untuk mengusung tiga nama," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut Enan kepada wartawan di Garut, Selasa.

Ia menuturkan berdasarkan peraturan DPRD Garut bisa mengusulkan tiga nama untuk diusung menjadi Penjabat Bupati Garut menggantikan Bupati Garut Rudy Gunawan yang masa periode kepemimpinannya habis sampai Desember 2023.

Tiga nama yang diusulkan DPRD Garut, kata dia, yakni Sekretaris Daerah Garut Nurdin Yana, Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Setda Pemkab Garut Budi Gan Gan, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut Wawan Nurdin.

Ia menyampaikan hasil kajian dan persyaratan yang berlaku yakni harus Pejabat Tinggi Pratama dan ketiganya secara golongan dinyatakan sudah memenuhi syarat.

"Yang memenuhi syarat yang pertama adalah Pak Sekda Golongan 4E, dan dua orang lagi Pak Budi Gan Gan 4C, Pak Wawan Nurdin 4C," katanya.

Ia mengungkapkan ketiga nama tersebut merupakan hasil yang paling teratas penilaiannya dari tujuh nama yang sebelumnya dibahas oleh DPRD Kabupaten Garut sebelum ditetapkan untuk diusulkan menjadi Penjabat Bupati Garut.
Tiga nama calon penjabat itu, kata dia, akan bersaing juga dengan tiga nama yang diusulkan oleh Gubernur Jabar ke Kementerian Dalam Negeri, sehingga semuanya ada enam orang untuk ditentukan salah satunya.

Enan mengatakan siapa saja nanti yang terpilih merupakan hasil kajian dan perhitungan yang dilakukan Kemendagri untuk memimpin sementara Kabupaten Garut.

"Selanjutnya kami menunggu keputusan dari Kemendagri," katanya.

Ia menambahkan Penjabat Bupati Garut sudah harus siap dan tidak boleh kosong pemimpin di Garut sebelum 2 Januari 2024 bertepatan dengan waktu dimulainya tugas sebagai penjabat.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023