Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mendukung TNI-Polri di daerahnya yang telah menyatakan akan menindak tegas siapapun yang mengganggu ketertiban Pemilu 2024.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolres Bogor dan Dandim beserta jajaran TNI-Polri atas sinergitas dalam menjaga Pemilu 2024," katanya di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Menurut dia, sinergi TNI-Polri dalam menjaga ketertiban pemilu 2024 akan menciptakan wilayah kondusif dan kesejukan bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

Rudy menyebutkan perintah Kapolres Bogor untuk menangkap pihak atau kelompok manapun yang mengganggu ketertiban pemilu 2024 merupakan wujud netralitas TNI-Polri dalam mengawal proses demokrasi di Kabupaten Bogor.

Sikap tersebut, kata dia, juga akan memberikan ketenangan bagi masyarakat Kabupaten Bogor dalam menyalurkan aspirasi mereka dalam menentukan masa depan bangsa ini.

"Pemilu 2024 adalah proses demokrasi yang sudah kita sepakati. Pemilu merupakan saatnya rakyat memilih pemimpin dan wakil mereka yang seharusnya kita semua melaluinya dengan riang gembira," kata Rudy.

Ia berharap, para pimpinan partai politik, peserta pemilu, tim pemenangan, dan tokoh masyarakat turut serta menjaga kondusifitas wilayah.

"Biarkan masyarakat mencermati program, gagasan dari para calon yang akan mereka pilih. Jangan ada intimidasi, jangan memprovokasi, karena kita semua ingin proses pemilu ini menjadikan kehidupan berdemokrasi semakin membaik," tuturnya.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro memerintahkan jajarannya untuk menangkap pelaku atau kelompok yang mengganggu ketertiban pemilu. Ketegasan tersebut, kata Rio, merupakan kesepakatan yang terjalin dalam kolaborasi bersama dengan TNI.

“Apabila ada kelompok yang mencoba untuk mengganggu ketertiban dalam pelaksanaan pesta demokrasi maka perintah saya tangkap dan proses. Jadi gak usah pakai lama, apabila melawan kita akan melakukan tindakan tegas,” kata Rio saat apel gabungan di Mapolres Bogor, Senin (13/11).

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023