Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengimbau agar masyarakat mewaspadai ancaman kebakaran pada musim kemarau tahun ini.

"Pada musim kemarau ini cukup banyak laporan kejadian kebakaran, baik kebakaran di kawasan pemukiman maupun kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala BPBD Karawang Mahpudin dihubungi di Karawang, Jumat.

Ia mengaku telah mengirim surat ke seluruh pemerintah desa/kelurahan terkait dengan ancaman kebakaran yang berpotensi tinggi terjadi di musim kemarau seperti sekarang ini.

Dalam surat itu disampaikan agar masing-masing kepala desa/lurah mewaspadai ancaman kebakaran. Selain itu, pihak desa/kelurahan diharapkan menyampaikan ke masyarakat agar selalu waspada dan siap siaga terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran di daerah masing-masing.

"Intinya, kami mengajak agar seluruh elemen selalu waspada dan siap siaga terhadap ancaman kebakaran, baik kebakaran di pemukiman maupun kebakaran lahan," kata dia.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan adalah dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Sesuai data BPBD Karawang, sepanjang September 2023, terjadi 87 kali peristiwa kebakaran yang terdiri atas 23 kali kebakaran rumah dan 64 kali kebakaran hutan dan lahan.
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023