Sekretaris Daerah Kota Bandung, Jawa Barat Ema Sumarna menginstruksikan kepada aparat kewilayahan untuk terus mengedukasi masyarakat terkait mitigasi bencana kebakaran, terutama saat musim kemarau kering akibat pengaruh El Nino.

"Saya minta unsur kewilayahan, camat dan lurah mengoptimalkan seluruh relawan dalam kebencanaan terutama kebakaran untuk terus mengingatkan masyarakat agar waspada dan antisipasi,” kata Ema di Balai Kota Bandung, Senin.
Ema meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana kebakaran terhadap dampak kekeringan panjang saat ini.

"Saya mengingatkan kalau melihat data dan kejadian yang ada, bencana kebakaran di Kota Bandung masuk kategori cukup tinggi," katanya.

Ia meminta Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama menghadapi potensi bencana lainnya.

"Kewaspadaan di musim kemarau ini sangat penting. Diskar diharapkan terus meningkatkan kewaspadaan melakukan antisipasi. Apalagi, dengan terpaan angin lebih kencang," katanya

Sekretaris Diskar PB Kota Bandung Iwan Rusmawan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi kebakaran di tengah musim kemarau.

"Hati-hati saluran listrik, cas-an, kompor dan sebagainya," kata dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari membakar sampah saat terik matahari, karena menyebabkan api cepat merambat.

Iwan mengungkapkan mayoritas kebakaran di Kota Bandung didominasi oleh korsleting listrik. Untuk itu, Ia mengimbau masyarakat untuk mengecek saluran listrik, sebab memiliki masa waktu.

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023