Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Jawa Barat, telah mendistribusikan air bersih sebanyak 600.000 liter lebih untuk 13 kelurahan yang tersebar pada tiga kecamatan akibat kekeringan yang melanda daerah itu selama musim kemarau.

“Jadi hampir semua kelurahan, dari total 15 kelurahan hanya tersisa dua kelurahan yang belum meminta permohonan bantuan air bersih,” kata Kepala Pelaksana BPBD Cimahi, Fithriandy Kurniawan di Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Pemkot Cimahi salurkan beras program CPP untuk 34.725 KPM

Ia mengatakan bantuan air bersih yang telah didistribusikan itu ditujukan bagi 13.445 jiwa penerima manfaat.

Krisis air bersih yang dialami masyarakat itu sejak ditetapkan status darurat kekeringan pada 25 Juli 2023.

“Tidak menutup kemungkinan nanti satu hari atau dua hari ke depan akan bertambah lagi permintaan untuk pendistribusian air bersih,” katanya.

BPBD Kota Cimahi setiap hari melayani masyarakat yang membutuhkan air bersih untuk minum hingga untuk mandi, cuci dan kakus (MCK).

“Penggunaan sebetulnya lebih utama untuk kebutuhan pokok seperti memasak dan minum,” kata dia.


Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Logistik BPBD Kota Cimahi, Rohmat mengimbau kepada masyarakat untuk bijak dan berhemat dalam memanfaatkan penggunaan air untuk mencukupi dalam situasi kekeringan ini yang terjadi di wilayah Kota Cimahi.

“Ini tentunya harus berhemat air, saya sampaikan bahwa saat ini belum memasuki musim penghujan dan diprediksi sampai dengan akhir Oktober atau awal November,” kata dia.

Baca juga: Cimahi pasang sambungan pipa air bersih ke 1.500 rumah tahun ini

Dia menjelaskan hingga saat ini pihaknya selalu dibantu oleh berbagai unsur dalam pendistribusian air bersih ke 30 titik yang tersebar di Kota Cimahi.

“Untuk membantu pendistribusian air bersih melalui tim reaksi cepat BPBD Kota Cimahi selalu didukung oleh TNI, Polri, Palang Merah Indonesia, Kejaksaan dan relawan yang lainnya,” katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD Kota Cimahi salurkan 600.000 liter air selama musim kemarau

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023