Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan ganjil genap selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad mulai dari bundaran Tugu Lampu Gentur-By Pass hingga kawasan Puncak sebagai upaya antisipasi terhadap kondisi macet total seiring tingginya volume kendaraan.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Anaga Budiharso di Cianjur, Kamis, mengatakan penerapan ganjil genap diberlakukan untuk kendaraan bernopol luar kota dengan tujuan Puncak, sehingga kendaraan yang tidak sesuai akan diarahkan ke jalur alternatif.

Baca juga: Polres Cianjur jaring 49 sepeda motor dengan knalpot bising

"Ganjil genap diterapkan sejak Kamis hingga Minggu, sebagai upaya antisipasi macet total di jalur utama Puncak-Cianjur, tercatat sejak pagi volume kendaraan meningkat namun tidak menyebabkan antrean," katanya.

Pantauan pihaknya di sepanjang jalur utama Puncak-Cianjur, volume kendaraan yang melintas mengalami peningkatkan dengan tujuan tempat wisata di wilayah Puncak-Cipanas, tidak terlihat antrean kendaraan di titik rawan kemacetan seperti pertigaan Hanjawar, Cibodas dan Pasar Cipanas.

Petugas Lantas Polres Cianjur, disiagakan mulai dari kawasan Puncak Pass, hingga bundaran Tugu Lampu Gentur-By Pass, Cianjur guna mengatur arus lalulintas tetap berjalan normal dan melakukan rekayasa arus ketika terjadi antrean.

"Kami juga sudah menyiapkan sejumlah rekayasa arus ketika terjadi antrean kendaraan, termasuk melakukan sistem buka tutup guna mencairkan antrean yang sifatnya situasional," katanya.
Pihaknya meminta pengendara yang melintas, tetap mematuhi anjuran petugas dan aturan lalulintas, sehingga tidak menjadi penyebab antrean panjang yang kerap terjadi di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, termasuk tidak memarkir kendaraan di pinggir jalan utama.

"Kami akan terus memantau situasi di sepanjang jalur utama, ketika terjadi antrean sejumlah rekayasa arus termasuk menutup jalur menuju Puncak akan diterapkan dan kembali dibuka setelah antrean mencair," katanya.

Pantauan Antara hingga Kamis petang arus lalulintas di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, terpantau ramai lancar, laju kendaraan tersendat di pertigaan menuju tempat wisata seperti pertigaan Cibodas, Hanjawar dan di depan Istana Presiden Cipanas, namun tidak menyebabkan kemacetan.

Baca juga: Polisi Cianjur ringkus dua orang pelaku pembunuhan warga

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023