Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung siap melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dengan anggaran yang telah disepakati sebesar Rp109 miliar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk Pilkada 2024.

“Kita hanya butuh sekitar Rp109 miliar dan Pemkot Bandung sudah menyanggupi itu,” kata Ketua KPU Kota Bandung, Suharti di Bandung, Kamis.

Suharti mengatakan anggaran pada pelaksanaan pilkada untuk tahun 2024 tinggal menunggu untuk melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari Pj. Wali Kota Bandung.

“KPU Kota Bandung tinggal menunggu perintah untuk melaksanakan NPHD itu, mudah-mudahan anggarannya di akhir September ini sudah pasti ketika Pj. Walikota itu segera menandatangani,” katanya.

Suharti mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait anggaran Pilkada untuk Kota Bandung dan tidak menutup kemungkinan akan penambahan anggaran nantinya.

Dia menjelaskan pada awalnya KPU Kota Bandung mengusulkan anggaran sebesar Rp127 miliar dan telah disepakati, namun sesuai dengan Permendagri No 54 Tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota bersumber dari APBD yang membuat anggaran tersebut harus berbagi dengan dengan pemerintah provinsi.

“Jadi kita nunggu hasil terakhir dari pembahasan di provinsi dan kita rencananya akan segera menandatangani NPHD itu dan anggaran Rp109 miliar juga sudah aman gitu ya,” kata dia.


Lebih lanjut Suharti menyebut Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran Pilkada pada tahap pertama sebesar Rp.50,4 miliar di tahun 2023 dan sisanya pada tahap kedua akan disalurkan pada tahun 2024.

“Dan pemerintah sudah menganggarkan untuk 2023 ini sekitar Rp50,4 miliar,” kata Suharti.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023