Pemerintah Kabupaten(Pemkab) bersama Polres Cianjur, Jawa Barat,  membentuk Kampung Bebas Narkoba sebagai upaya menekan angka peredaran narkoba di sejumlah wilayah daerah itu terutama kawasan perbatasan  dengan kabupaten/kota lain.

Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan di Cianjur Jumat, mengatakan dibentuknya Kampung Bebas Narkoba di sejumlah kecamatan di Cianjur, merupakan upaya Polri bersama pemerintah daerah untuk menciptakan Cianjur bebas narkoba.

Baca juga: Polres Cianjur tetapkan pelajar SMP tersangka tewaskan 2 siswa

"Salah satunya dengan meresmikan Kampung Bebas Narkoba di Kampung Gekbrong, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, dimana warga terutama pemuda menyatakan sepakat memerangi narkoba dengan menggelar berbagai kegiatan mulai dari olahraga sampai dengan kegiatan usaha," katanya.

Upaya ini dilakukan guna menghindari generasi muda di kampung tersebut tidak menjadi pengedar atau pemakai narkoba, sehingga pemerintah daerah bersama Polres Cianjur merencanakan membentuk Kampung Bebas Narkoba hingga ke pelosok.

Dibentuknya Kampung Bebas Narkoba merupakan Instruksi Kapolri Jendral Polisi Listio Sigit Prabowo, sebagai bentuk antisipasi di masing-masing daerah di Indonesia dalam memerangi narkoba baik peredaran atau penyalahgunaan.

"Peresmian Kampung Bebas Narkoba di Desa Gekbrong ini, menjadi proyek percontohan bagi desa lainnya di Cianjur, sehingga seluruh desa ke depan memiliki daya cegah, daya tangkal penyalahgunaan narkoba," katanya.

Pihaknya berharap seluruh desa di Kabupaten Cianjur, menjadi Kampung Bebas Narkoba sehingga ruang gerak pengedar dan penyalahguna di Cianjur semakin sempit dan Cianjur bebas dari narkoba karena tingkat kepedulian warganya terus meningkat.
"Kami akan membentuk Kampung Bebas Narkoba di seluruh Cianjur sehingga  tidak ada lagi celah sedikit pun bagi pengedar dan penyalahguna," katanya.

Sementara Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syachrudin, mengatakan pemerintah daerah mendukung penuh upaya bersama mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan membentuk kampung narkoba di seluruh wilayah.

"Ketika seluruh kampung sepakat menjadi Kampung Bebas Narkoba, tentunya Cianjur akan terbebas dari bahaya narkoba yang dapat merusak masa depan anak bangsa. Kami bersama Polri sepakat mewujudkan Cianjur bebas dari narkoba," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur tangkap terduga pelaku penyebab 2 siswa MTs meninggal
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023