Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan kegiatan festival kuliner harus terus digairahkan dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena dampaknya mampu meningkatkan penjualan.

"Ini akan menjadi bagian untuk tetap menggairahkan, karena omzet penjualannya ternyata meningkat begitu besar," kata Rudy Gunawan di Garut, Senin.

Salah satu contohnya, kata dia, kegiatan Festival Pedas yang beberapa hari lalu telah dilaksanakan di Garut, dan hasilnya dilaporkan perputaran uangnya mencapai Rp1 miliar selama tiga hari 

"Rp1 miliar dalam tiga hari, ini luar biasa omzet penjualan UMKM di festival, dan ini juga menjadi semangat supaya mereka membuka lagi di tempat-tempat lain," katanya.

Ia menuturkan Pemkab Garut selama ini terus berupaya menumbuhkan UMKM agar lebih maju dan berkembang, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Upaya yang dilakukan Pemkab Garut, kata Bupati, salah satunya menyelenggarakan kegiatan pameran, festival, maupun jenis acara lainnya yang bisa mendongkrak penjualan UMKM di Garut.

"Bagaimana kuliner Garut terutama dari sisi yang sudah terbangun, yaitu makanan-makanan pedas dari bakso, dari seblak, dan lain sebagainya," katanya.

Menurut dia kegiatan festival yang selama ini dilaksanakan di Garut mampu meningkatkan penjualan sekaligus mempromosikan produk ke masyarakat luas yang akhirnya memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM.

Ia berharap kegiatan festival kuliner dapat terus dilaksanakan meski nanti telah diganti Bupati Garutnya.

"Karena ini (festival) juga menjadi bagian kegembiraan masyarakat Garut," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023