Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, meminta aparatur sipil negara (ASN) mulai dari dinas hingga kecamatan menjadi orang tua angkat bagi balita dan anak penderita stunting dengan target Cianjur bebas stunting tahun 2025.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Rabu, mengatakan penanganan stunting dengan melibatkan berbagai kalangan termasuk ASN di lingkungan Pemkab Cianjur mendapat peringkat terbaik di Indonesia karena angka stunting setiap tahunnya terus menurun.

Baca juga: Berbasis pangan lokal, Pemkab Cianjur turunkan angka stunting

"Saat ini angka balita penderita stunting di Cianjur tercatat sekitar 5.305 orang yang beberapa tahun sebelumnya masih di angka 186.726 anak. Ini sudah sangat menurun berkat upaya berbagai pihak dalam menekan angka stunting pada anak dan balita dengan memberikan nutrisi dan gizi tambahan," katanya.

Untuk menciptakan Cianjur bebas dari stunting, pemerintah daerah menggencarkan program orang tua asuh bagi anak dan balita yang mengalami stunting, terutama bagi ASN di kecamatan yang terdapat kasus stunting, sehingga proses perawatan dan pengobatan dapat dilakukan maksimal.

Ia mengatakan sebagian besar anak dan balita penderita stunting di Cianjur dari kalangan keluarga ekonomi lemah, sehingga kesulitan untuk mendapatkan atau membeli nutrisi dan gizi tambahan untuk anaknya, sehingga orang tua asuh dapat memberikan bantuan sampai mereka menginjak usia sekolah.
"Tidak hanya melalui program orang tua asuh percepatan penangan stunting karena ketersediaan pangan lokal yang melimpah, seperti di wilayah Cianjur selatan terdapat laut, danau hingga hutan yang memiliki pangan dengan kandungan gizi luar biasa," katanya.

Termasuk melimpahnya umbi-umbi an sehingga dengan lebihan pangan angka stunting di Cianjur dapat ditekan, dengan ketersediaan pangan lokal yang melimpah, akhirnya Kabupaten Cianjur berhasil menurunkan angka stunting.

"Tahun sebelumnya angka stunting masih di angka 40 persen, berbagai cara dan program kita lakukan bersama termasuk lintas sektoral, sehingga target dua tahun ke depan, Cianjur dapat terbebas dari balita dan anak stunting," demikian Herman Suherman.

Baca juga: Pemkab Cianjur: Aparatur pemerintah tingkat kecamatan jadi orang tua asuh anak stunting

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023