Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar sejumlah kegiatan seni dan budaya, serta pameran produk unggulan UMKM pada puncak Hari Jadi Ke-346 Cianjur sebagai upaya meningkatkan kunjungan dan promosi tempat wisata baru di daerah itu.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Kamis, mengatakan dalam kegiatan seni dan budaya yang akan ditampilkan pada puncak hari jadi daerah setempat pada 19 Agustus mendatang itu, juga akan ditampilkan kesenian "Kuda Kosong",  simbol perjuangan pendiri Kabupaten Cianjur.

"'Kuda Kosong' merupakan kesenian tradisi yang setiap HJC (Hari Jadi Cianjur) menjadi pusat perhatian warga dan wisatawan dari luar kota, bahkan mancanegara, tahun ini akan gelar pula promosi produk unggulan UMKM Cianjur sebagai penunjang kegiatan," katanya.

Ia menjelaskan pentingnya berbagai kegiatan seni dan budaya serta promosi tempat wisata baru di Cianjur itu, guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke daerah setempat seiring dengan selesai pembangunan infrastruktur penunjang.

Pemkab sudah menggelontorkan dana pinjaman dari bank Rp 150 miliar untuk membangun puluhan kilometer jalan kabupaten menuju obyek wisata di Cianjur, seperti menuju puluhan air terjun dan Kampung Adat Miduana yang menjadi tujuan wisata baru di kawasan selatan Cianjur.

"Kami berharap melalui kegiatan puncak HJC ini, roda perekonomian di seluruh wilayah Cianjur terus meningkat, sehingga kegiatan yang dapat mengundang wisatawan dari dalam dan luar negeri akan rutin digelar setiap tahunnya," kata Herman.

Ketua Panitia Hari Jadi Ke-346 Cianjur Komarudin mengatakan seribu lebih produk unggulan UMKM diikutkan dalam kegiatan puncak hari jadi daerah setempat yang terpusat di Taman Alun-Alun Cianjur pada Sabtu (19/8)  sehingga warga dan wisatawan dengan mudah mendapatkan oleh-oleh khas daerah itu.

"Sambil menikmati parade seni dan budaya yang disuguhkan pada puncak HJC warga dan wisatawan dapat menikmati berbagai produk UMKM mulai dari olahan makanan sampai batik khas Cianjur di stan yang tersebar di sepanjang jalan protokol Cianjur," katanya.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023