Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melepas 11.000 lebih pelari Pocari Sweat Run Indonesia 2023 dari Gedung Sate Kota Bandung, Minggu, ditambah 16.000 pelari lainnya dari 404 kota di Indonesia yang tergabung secara virtual.

Setelah melakukan flag off, Gubernur Ridwan Kamil pun turut bergabung dengan pelari lainnya dan mampu finis di kategori 10K.

Peserta yang mampu finis mendapatkan medali khusus yang didesain langsung oleh Ridwan Kamil.

"Saya bisa finis di kategori 10K padahal baru sampai Bandung jam 11 malam setelah kunjungan kerja ke Tiongkok," ujar Ridwan Kamil.

Gubernur Ridwan Kamil menuturkan, Pocari Sweat Run Indonesia merupakan kegiatan lari legendaris yang berlangsung setiap tahun sejak 2014.
 
"Barang siapa konsisten bikin acara lebih dari lima tahun biasanya umurnya panjang, contohnya maraton-maraton di negara lain. Karena itu saya meyakini ini adalah kegiatan luar biasa sudah 10 tahun dan sukses pecah rekor 27.000 pelari," kata dia.
 
Ia menambahkan, dampak dari kegiatan tersebut salah satunya adalah keterisian hotel di Kota Bandung meningkat serta meningkatnya perputaran ekonomi untuk pelaku UMKM karena turut dilibatkan dalam rangkaian lomba lari itu.
 
Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, hal itu merupakan contoh sukses penyelenggaraan kegiatan olahraga yang berdampak pada perekonomian masyarakat.
 
"Pecah rekor semuanya luar biasa, hotel dan restoran penuh, inilah contoh kegiatan olahraga yang sukses," tuturnya.
 
Dia optimistis, penyelenggaraan lomba lari di tahun berikutnya akan kembali menuai kesuksesan dan membawa dampak positif untuk ekonomi di Jabar.

"Saya sudah membersamai acara ini lima tahun sebagai Wali Kota Bandung dan lima tahun sebagai Gubernur Jabar, sekarang adalah tahun terakhir saya sebagai Gubernur Jabar. Saya doakan makin sukses, ramai, luar biasa dan bisa membawa dampak positif bagi ekonomi Jabar," kata dia.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023