Hasil musyawarah atau rembug Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) sewilayah Kecamatan Baros dan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat melahirkan tujuh usulan program bantuan kepada Pemkot Sukabumi untuk meningkatkan kesejahteraan petani maupun pelaku budidaya ikan.

"Tujuh usulan ini untuk mendukung kami dalam melaksanakan program pemerintah yakni meningkatkan produktivitas pertanian maupun perikanan di Kota Sukabumi," kata Ketua KTNA Kota Sukabumi Ali Rahman di Sukabumi pada Kamis, (27/7).

Menurut Ali, tujuh usulan untuk disampaikan ke Pemkot Sukabumi khususnya Wali Kota Sukabumi serta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi merupakan hasil musyawarah.

Tujuh usulan tersebut adalah pembangunan dan perbaikan saluran irigasi untuk Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) mandiri di Kecamatan Baros dan Lembursitu, pembanguna dan perbaikan jalan usaha tani (JUT).

Kemudian, perketat pemberian izin alih fungsi lahan pertanian produktif menjadi perumahan atau pabrik, pembuatan kartu tani usulan baru dan lama se-Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Selanjutnya, perkuat peranan kelompok tani (poktan) dalam pemantauan dan penjagaan lahan pertanian serta yang terakhir adalah percepat proses perbaikan dan pembangunan irigasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023