Antarajawabarat.com,16/10 - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Bandung meraih sertifikasi ISO 9001:2008 dalam rangka meningkatkan pelayanan kepabeanan kepada masyarakat.

"Pelayanan Bea Cukai Bandung ke depan lebih meningkat dan efektif, semua tahapan layanan dan proses operasional terukur seuai dengan standard internasional ISO 9001:2008," kata Sekretaris Dirjen Bea Cukai Iyan Rubiyanto di Bandung, Rabu.

Penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 dilakukan oleh Pimpinan International Certification Services Management (ICSM)Toni Sunan to di Kantor KPPBC Bandung.

Iyan menyebutkan, sertifikasi internasional tu memberikan arti strategis sebagai wujud peran aktif egenap jajaran pejabat dan pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean A Bandung dalam melaksanakan penyempurnaan proses bisnis dan peningkatan cakupan standar kualitas layanan yang menyeluruh di seluruh titik layanan kepabeanan dan cukai.

Menurut dia, hal itu merupakan perwujudan nilai-nilai kementerian keuanghan yakni integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan.

ISO 9001:2008, kata dia, merupakan manifestasi komitmen dan penyempurnaan paradigma dan etos kerja para pejabat dan pegawai kantor bea cukai untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan di bidang kepabeanan dan cukai kepada masyarakat pengguna jasa.

"KPPBC Bandung selama ini merupakan kantor yang strategis dalam mendukung penerimaan nasional dari sektor kepabeanan, sehingga peningkatan mutu layanan dan operasional sangat menentukan," katanya.

Saat ini, KPPBC Bandung merupakan satu dari dua KPPBC di wilayah Jawa Barat yang telah mengantongi sartifikai terebut setelah KPPBC Bogor yang telah lebih dulu mendapatkan sertifikat yang sama.

Sedangkan dua KPPBC lainnya menyusul mendapat sertifikai ISO 9001:2008 itu, yakni Purwakarta dan Bekasi.

Sementara itu Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Kusdirman menyebutkan KPPBC Jabar selama ini memiliki peran penting dalam pelayanan kepabeanan dan cukai , khususunya untuk sektor kepabeananan kawasan berikat di Jawa Barat.

"KPPBC Bandung selama ini memberikan kontribusi dalam penerimaan negara khususnya dari kepabeanan kawasan berikat, sehingga fokus dari pemantapan manajemennya juga untuk sektor perberikatan," kata Kusdirman.

Sementara itu, Kepala KPPBC Bandung Benedictus Jarot Jatmika menyebutkan, keberhasilan kantor yang dipimpinnya mendapatkan ISO 9001:2008 merupakan upaya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa kepabeanan di Jawa Barat.

"Dengan sertifikasi ini semua aktivitas adminitrasi dan operasional jelas terukur dengan target yang jelas, sehingga pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa kepabeanan juga meningkat dan berstandar internasional," kata Jarot Jatmiko menambahkan.***1***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013