Anggota polisi dari Kepolisian Resor Kota  Cirebon, Jawa Barat, bersama warga bersama-sama membersihkan tumpukan sampah liar yang berada di pinggir jalan, karena sempat mengganggu lalu lintas.

"Berdasarkan aduan yang diterima dari masyarakat, kami langsung bergerak, karena tumpukan sampahnya sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas kendaraan," kata Wakapolresta Cirebon AKBP Dedy Darmawansyah di Cirebon, Kamis.

Dedy mengatakan pada Kamis (13/7) seluruh jajaran polsek yang ada di Polresta Cirebon, juga melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar, sehingga tidak hanya terpaku pada satu titik saja.

Menurutnya untuk aksi bersih sampah yang menumpuk di jalan sekitar terowongan kereta api di Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, juga dibantu oleh TNI, pemda, pemerintah kecamatan, desa, dan juga warga sekitar.

Bahkan dalam aksinya tersebut berhasil mengangkut hingga lima truk sampah yang sempat menumpuk hingga memenuhi bahu jalan di sekitar terowongan kereta api di kawasan itu.

"Dari laporan yang kami terima sampah yang menumpuk di kawasan ini belum setahun, tapi kami bertindak cepat untuk membersihkannya dengan melibatkan pemerintah daerah, kecamatan, dan desa, serta unsur masyarakat lainnya," katanya.

Ia menambahkan aksi Polisi Peduli Lingkungan juga dilaksanakan secara serentak oleh 27 Polsek jajaran Polresta Cirebon. Sehingga pada hari yang sama terdapat kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan serentak di 28 titik di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Menurutnya, kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai salah satu wujud kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga diharapkan jajaran Polri, khususnya Polresta Cirebon menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Sampah langsung dibawa menggunakan truk sampah, dan selanjutnya dibuang ke TPA. Kami berharap setelah aksi ini masyarakat bisa membuang sampah di tempatnya, bukan di bahu jalan," katanya.
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023