Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan Rabu (5/7) kemarin mulai dari tantangan Polri pada tahun politik hingga KPK telah meminta keterangan dari 49 pejabat dan ASN Kementerian Pertanian.
 
Berikut lima berita hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:
 
1. SETARA Institute ingatkan tantangan Polri pada tahun politik
 
Ketua Dewan Nasional SETARA Institute Hendardi mengingatkan tantangan yang dihadapi Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Polri akan semakin kompleks pada tahun politik Pemilu 2024.
 
"Polri akan diuji dengan banyak irama politik di ruang publik, baik dengan menggunakan instrumen hukum maupun trial by the mob dalam kasus-kasus yang diorkestrasi pihak tertentu, termasuk mengantisipasi perilaku para conflict entrepreneur," kata Hendardi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

 
2. Praktisi minta lembaga penegak hukum berantas mafia peradilan
 
Praktisi hukum JJ Amstrong Sembiring meminta lembaga penegak hukum untuk memberantas mafia peradilan, yang sangat meresahkan para pencari keadilan.
 
 


Selengkapnya klik di sini.

 
3. Endar Priantoro batal bertemu pimpinan KPK usai kembali jabat Dirlidik
 
Endar Priantoro batal bertemu seluruh jajaran pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menyambangi Gedung Merah Putih pada Rabu sore, usai dirinya kembali menjabat sebagai Direktur Penyelidikan KPK.
 
"Hari ini saya sebenarnya ingin menghadap pimpinan bahwa saya akan melaksanakan tugas kembali," kata Endar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

 
4. Mahfud MD ingatkan bahaya ancaman serangan ideologi terkait terorisme
 
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengingatkan seluruh pihak akan bahaya ancaman serangan ideologi yang berkaitan dengan aksi terorisme.
 
 
 
 
Selengkapnya klik di sini.

 
5. KPK sebut 49 pejabat dan ASN Kementan telah dimintai keterangan
 
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan sebanyak 49 pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Pertanian (Kementan) telah dimintai keterangan terkait penyelidikan dugaan korupsi di instansi tersebut.
 
 
Selengkapnya klik di sini.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemarin, tantangan Polri pada tahun politik hingga keterangan 49 ASN

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023