Respons Cepat Pemerintah Provinsi Jawa Barat atau Jabar Quick Response (JQR) menggulirkan Program Kurban Kemanusiaan dengan mendistribusikan hewan kurban ke 17 titik di 10 kota dan kabupaten di Jawa Barat, di antaranya ke sekolah luar biasa (SLB) dan komunitas disabilitas netra.
 
"Komunitas disabilitas netra dan SLB juga turut menjadi sasaran penerima kurban program ini. Beberapa di antaranya adalah SLB Negeri Cicendo dan Komunitas Tunanetra Bandung Sejahtera," kata Kordinator Operasional JQR, Irfan Hilmi, di Bandung, Sabtu.
 
JQR, kata Irfan, memiliki tekad agar kelompok rentan dan teman-teman disabilitas netra bisa menerima bantuan melalui Program Kurban Kemanusiaan ini.
 
"Kami ingin kawan-kawan ini juga dapat merasakan berkah hari raya ini, dan lebih dari pada itu momentum Idul Adha tahun ini bisa kembali menumbuhkan rasa gotong royong warga, sehingga bisa berkumpul  dan merayakan Idul Adha dengan mengkonsumsi daging bersama," kata Irfan.
 
Dia mengatakan JQR tidak sembarangan dalam mendistribusikan bantuan, dan hewan kurban disebar di lokasi dengan kriteria terpencil, tingkat konsumsi daging rendah, daerah ekonomi lemah, kelompok rentan dan jarang tersentuh daging kurban dalam dua tahun terakhir.
Bukan tanpa alasan kriteria tersebut diterapkan, menurut Irfan, dikarenakan masih adanya kesenjangan dalam konsumsi daging di masyarakat juga pendistribusian daging kurban yang tidak merata di tiap wilayah.
 
Hal tersebut, kata dia, mendorong pihaknya memanfaatkan momentum Hari Raya Kurban untuk memperbaiki akses kelompok rentan tersebut terhadap pangan penting, seperti daging merah.
 
Irfan menambahkan, salah satunya adalah Kampung Pasir Haur di Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.
 
Warga kampung ini berbahagia akhirnya bisa menikmati daging kurban pasalnya Lebaran sebelumnya di kampung tersebut tidak ada yang bisa berkurban.
 
"Beberapa wilayah, terutama di desa terpencil di Jawa Barat yang memang sudah lama tidak melaksanakan kurban tepatnya di Kampung Pasir Haur, Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut kami mendistribusikan satu ekor domba ukuran besar ke kampung tersebut," ujar Irfan.
Irfan menambahkan, JQR juga mendistribusikan hewan kurban ke wilayah Kabupaten Cianjur, di salah satu kampung yang terdampak gempa, tepatnya di Kampung Gasol.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023