Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMPP) Kota Cirebon, Jawa Barat, fokus melakukan pelatihan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk pemasaran secara digital, baik melalui marketplace maupun media sosial.

"Kami saat ini fokus menyelenggarakan pelatihan ke pelaku UMKM bagaimana cara pemasaran secara digital," kata Kepala DKUMPP Kota Cirebon Iing Daiman di Cirebon, Selasa.

Menurutnya hingga triwulan kedua, pihaknya melakukan sejumlah pelatihan kepada pelaku UMKM, terutama terkait pemasaran secara digital, agar mereka bisa melebarkan pasarnya ke seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan pelatihan yang diberikan itu seperti pengambilan foto produk, agar bisa menarik dan disenangi oleh para calon pembeli, karena ketika fotonya baik, maka akan menarik para pembeli.

Selain itu, trik pemasaran di marketplace dan juga media sosial pun terus diberikan, supaya apa yang mereka jajakan di dunia maya bisa laku terjual.

"Kami melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk melatih pelaku UMKM di Kota Cirebon, baik dengan perguruan tinggi, perusahaan swasta, dan juga lainnya," tuturnya.

Iing menambahkan ada ratusan UMKM yang sudah mengikuti pelatihan pemasaran secara daring atau digital, baik yang bergerak di bidang makanan, kerajinan, fesyen, ataupun lainnya.
Tidak hanya memberikan pelatihan pemasaran, pihaknya juga bekerja sama dengan BI dan OJK Cirebon dalam hal manajemen keuangan, serta literasi keuangan agar tidak terjebak pinjaman online ilegal.

"Kami memberikan literasi keuangan kepada UMKM supaya mengetahui tentang keuangan, jangan sampai mereka terjebak ke pinjaman ilegal, termasuk bank yang tidak resmi," katanya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kota Cirebon fokus latih pemasaran digital bagi pelaku UMKM

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023