Sebanyak 135 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengikuti pelatihan kewirausahaan dan pembiayaan yang difasilitasi Forum Wirausaha Mandiri Nasional bekerja sama dengan Finatra (Astra Group).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi Ida Farida mengatakan peserta pelatihan ini merupakan pengurus dan anggota Forum UMKM Kecamatan se-Kabupaten Bekasi dengan tujuan meningkatkan daya saing produk sekaligus menambah jejaring mitra.

"Aksesibilitas UMKM Kabupaten Bekasi sekarang semakin terbuka dan naik kelas dengan adanya jejaring dan perusahaan yang bersedia menjadi pendamping UMKM dalam membina melalui pelatihan, pembiayaan, serta akses pasar produk," katanya usai membuka kegiatan di Cikarang, Sabtu.

Menurut dia peluang produk-produk UMKM Kabupaten Bekasi masuk pasar ritel semakin terbuka dengan pendampingan 23 Forum UMKM Kecamatan se-Kabupaten Bekasi dan membuka kemitraan dengan perusahaan yang bersedia menjadi Bapak Angkat UMKM. Bukan hal tidak mungkin mampu merambah pasar ekspor.

Ketua Umum Forum Wirausaha Mandiri Nasional (FWMN) Siti Aisyah optimistis UMKM Kabupaten Bekasi bisa naik kelas salah satunya melalui peningkatan kapasitas pelaku UMKM, kelengkapan legalitas produk, serta pengembangan pasar produk diikuti dengan peningkatan kualitas produk Forum UMKM.

"Ini juga menjadi langkah strategis bersama Finatra, FWMN, serta Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi," katanya.

Pelatihan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepakatan 23 Forum UMKM Kecamatan se-Kabupaten Bekasi dengan Finatra, disaksikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, Ketua FWMN, dan Pembina FWMN Benny Tunggul.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023