Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan menargetkan jajarannya membangun satu hutan kota setiap tahunnya untuk menjaga keseimbangan ekosistem di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami berupaya membangun banyak hutan
kota, untuk menjaga keseimbangan ekosistem, menghasilkan udara yang bersih, menjaga ketersediaan air tanah, mengurangi resiko banjir sekaligus menciptakan keteduhan keindahan dan tempat rekreasi bagi masyarakat," kata Iwan saat mendampingi Duta Besar Korea Selatan dan Yayasan Korindo menanam pohon di Hutan Kota Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor, Kamis.

Menurutnya, lahan eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg seluas 7 hektare hasil kerja sama dengan Yayasan Korindo itu memiliki peran dan fungsi yang strategis di lingkup regional Jabodetabek sebagai sumber resapan air.

Atas dasar hal itu, Iwan menargetkan Pemerintah Kabupaten Bogor membangun satu hutan kota setiap tahunnya.

Pemerintah Kabupaten Bogor juga telah membangun Hutan Kota Pakansari seluas 2,39 hektare hasil kerja sama dengan Korindo Foundation yang terjalin sejak tahun 2019, diresmikan pada Januari 2023.
Iwan mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor berencana kembali membangun Hutan Kota Tegar Beriman seluas 2,7 hektar dan Hutan Kota Cibinong seluas 3 hektare.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua perusahaan yang telah melaksanakan program CSR di Kabupaten Bogor," kata Iwan.

Sementara, Ketua Yayasan Korindo Robert Seung menambahkan, revitalisasi Kawasan Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg Cibinong seluas 7 hektare merupakan kolaborasi antara Yayasan Korindo dengan Pemkab Bogor, bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dengan Indonesia.

Kolaborasi ini, kata dia, bukan yang pertama kali, karena sebelumnya juga telah dilakukan Green Collaboration, yakni penghijauan hutan kota di Pakansari pada tahun 2019 silam.

“Melalui kegiatan ini, dapat mempererat kerja sama antara Yayasan Korindo dengan Pemkab Bogor yang telah terjalin dengan baik. Sehingga kami ke depannya bisa lebih banyak membangun hutan kita baru di Kabupaten Bogor,” tuturnya.(KR-MFS)



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kabupaten Bogor target bangun satu hutan kota per tahun
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023