Antarajawabarat.com,7/8 - Arus penumpang liburan Lebaran 2013 dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke luar negeri mencapai rata-rata seribu penumpang per hari.

"Penumpang asal Bandung yang hendak berlibur ke luar negeri seperti Thailand, Kualalumpur, Thailand dan Hongkong meningkat. Pada Senin (5/8) kemarin mencapai 1.000 orang, sebagian transit di Singapura untuk selanjutnya menggunakan penerbangan lain ke tujuan mereka," kata General Manager PT Angkasa Pura Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung Yayan Hendrayani di Bandung, Selasa.

Ia menyebutkan, bagi sebagian warga Kota Bandung, khususnya bagi WNI keturunan memanfaatkan momen liburan lebaran untuk melakukan liburan ke luar negeri.

Karena dari Bandung tidak ada yang langsung ke Thailand, Hongkong dan Taiwan, mereka melanjutkan dengan transit di Singapura.

Selain arus penumpang liburan ke luar negeri cukup tinggi, arus lburan ke sejumlah kota di Indonesia juga meningkat, terutama rute Bali, Lampung, Yogyakarta dan Banjarmasin yang dilayani oleh Air Asia, Silk Air, Lion, Garuda dan Merpati.
"Arus penumpang keberangkatan masih lebih banyak dari penumpang kedatangan, sebagian besar memang arus liburan," katanya.

Terkait arus mudik lebaran di Bandara Husein Sastranegara juga cukup signifikan, terutama pada Sabtu hingga Senin. Beberapa kota tujuan di dalam negeri adalah Semarang, Lampung, Batam, Banjarmasin, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Selain itu arus kedatangan para tenaga kerja indonesia (TKI) asal Jabar yang
bekerja di Kualalumpur dan Singapura juga telah mengalir sejak Minggu dan Senin.

"Rombongan TKI yang mudik terlihat sejak Sabtu hingga Senin kemarin. Memang kami tidak bisa memastikan TKI atau bukan namun diantaranya memang para pemudik dari sana," katanya.

Bila dibandingkan dengan hari-hari biasanya, jumlah penumpang dari luar negeri ke
Bandung tidak jauh berbeda, meski ada kenaikan sekitar 15 persen.

"Dari jumlah penumpang kedatangan tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasanya, namun bedanya biasanya didominasi warga Malaysia dan Singapura yang berlibur, kini lebih banyak warga Jabar yang pulang dari Negeri Jiran," kata Yayan.

Lebih lanjut, Yayan Hendrayani menyebutkan, sejak Kamis (1/8) hingga Senin
(5/8) jumlah penumpang di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung mencapai 7.500 orang, dimana sekitar 5.000 penumpang diantaranya penumpang domestik ke sejumlah kota tujuan.

"Secara umum pelayanan penumpang pada arus Mudik Lebaran 2013 di Bandara Husen berlangsung cukup lancar," katanya.

Bahkan salah satu maskapai penerbangan domestik menambah jadwal penerbangan ke sejumlah jurusan seperti Bandung - Lampung, Bandung - Semarang dan Bandung Yogyakarta.***4***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013