Antarajawabarat.com, 3/8 - Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengimbau pemudik untuk mewaspadai aksi kriminal serta tidak memancing munculnya aksi kejahatan tersebut.

"Pemudik jangan memakai perhiasan yang mencolok, simpan uang saku dengan baik agar tidak menjadi korban kriminalitas," kata dia saat meninjau kesiapan pengamanan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu.

Ia menyampaikan bahwa pemudik perlu diingatkan hal ini agar tidak menjadi sasaran pencurian saat arus mudik berlangsung.

"Harapan kami semua emudik selamat dan aman sampai tujuan masing-masing," katanya.

Ia memerintahkan seluruh jajaran kepolisian untuk menggelar pengamanan di titik-titik yang masyarakat butuhkan untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas terhadap pemudik.

"Pengamanan ini dilakukan untuk pencegahan terhadap tindak kriminalitas," kata dia.

Menurutnya, untuk memberikan efek jera itu para polisi dan prajurit TNI serta unsur pengamanan lain harus memberikan tampilan agar pelaku kejahatan tidak berani bertindak kepada pemudik.

Selain itu, ia meminta kepada jajarannya untuk memberikan pengamanan optimal kepada pemudik karena peningkatan jumlah pemudik tahun ini mencapai 14,5 persen dibandingkan dengan tahun lalu,
"Jadi harus diberikan layanan optimal agar tidak terjadi kemacetan atau penumpukan penumpang dan menjamin kepastian pemudik terangkut semua dan selamat sampai tujuan," kata dia.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013