Antarajawabarat.com,1/8 - Jalur Lingkar Gentong di Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya akan dibuka mulai Jumat (2/8) untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik/balik Lebaran 2013 di kawasan tanjakan itu.

"Rencananya Jumat besok jalur Lingkar Gentong akan dioperasikan dan dibuka untuk kendaraan khusus dari arah Tasikmalaya ke Bandung," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jawa Barat M Guntoro di Bandung, Kamis.

Menurut Guntoro, pengerjaan jalan lingkar sepanjang 1,5 kilometer itu sudah tuntas, pengaspalan dan penerangan jalan (PPJU) juga sudah komplit dan sudah bisa dilintasi.

"Besok tim dari Kementerian PU akan meninjau ke lokasi itu, dan akan dibuka mulai pukul 10.00 WIB," kata Guntoro.

Menurut Guntoro, jalur tersebut akan mengurai kemacetan di jalur berkelok, selain itu kelandaiannya juga sudah dikurang di bawah 10 persen sehingga tidak curam seperti setahun lalu.

"Kemiringannya sudah di bawah 10 persen, sudah layak untuk dilintasi. Pengerjaan juga sudah tuntas," katanya.

Ia menyebutkan kemacetan di kawasan Nagreg sudah bisa diatasi, dan saat ini potensi kemacetan di kawasan Malangbong dan Tanjakan Gentong, terutama pada saat arus balik.

"Masih ada beberapa 'botle neck' di lokasi itu, masih harus dilakukan perbaikan. Namun dengan rekayasa jalur dan pengaturan lalu lintas intensif bisa diminimalisasi," kata Guntoro.

Pembukaan jalur lingkar gentong untuk umum mengalami pengunduran. Sebelumnya uji coba akan dilakukan pada H-10 Lebaran atau Minggu (29/7). Namun kembali diundur kembali hingga akhirnya Dinas PU memastikan uji coba dilakukan pada Jumat besok.

Sementara itu Kapolda Jabar Irjen Pol Suhardi Alius mengharapkan jalur itu bisa dibuka saat terjadi kemaceta arus lalu lintas di kawasan tanjakan Gentong.

"Jalur itu akan dioperasikan untuk mengatasi kemacetan di kawasan itu, bila diperlukan pasti akan digunakan untuk mengalirkan arus lalu lintas khususnya dari arah Tasikmalaya menuju Bandung," kata Kapolda.

Secara umum, kata Kapolda seluruh jalur mudik di Jabar sudah siap dilintasi pemudik termasuk di jalur-jalur alternatif.

"Jalur sebagian besar sudah dalam kondisi yang siap dilintasi, meski di Pantura masih ada pengerjaan jalan. Namun sudah dihentikan mulai H-10 lalu. Polisi akan memagar betis kawasan-kawasan rawan kemacetan di Pantura, selatan maupun di jalur tengah," kata Kapolda Jabar menambahkan.***4***
(S033)

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013