Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengajak masyarakat setempat memiliki kesadaran yang baik dalam menghadapi dan mencegah risiko bencana alam dengan menambah wawasan melalui pelatihan dan simulasi tentang kebencanaan.

"Kegiatan-kegiatan sosialisasi harus kita lakukan karena bencana tidak bisa kita prediksi, jadi yang hanya bisa kita lakukan adalah memperkecil dampak," katanya saat Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana di lapangan Parkir Mall Asia Plaza di Kota Tasikmalaya, Selasa.

Baca juga: Pemkab Tasikmalaya bantu kebutuhan logistik korban longsor

Pemkot Tasikmalaya menyelenggarakan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2023, salah satunya dengan memberikan pemahaman melalui simulasi kebencanaan kepada masyarakat agar memiliki kesiapan diri.

Kegiatan bertemakan "Siap Untuk Selamat" dengan subtema "Tingkat Ketangguhan Desa/Kelurahan, Kurangi Resiko Bencana" itu, kata dia, salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan terhadap petugas terkait maupun masyarakat dalam kesiapan menghadapi bencana.

"Saya kira kegiatan seperti ini sangat positif untuk memastikan kita siap dari kondisi yang bisa berdampak pada risiko kebencanaan," katanya.

Ia menyampaikan simulasi kebencanaan digelar di Mal Asia Plaza Tasikmalaya terkait dengan upaya penyelamatan bencana gempa bumi, dan kebakaran, seperti cara penyelamatan orang dari ketinggian gedung dan mengevakuasi banyak orang dari dalam gedung.
Cheka menegaskan kegiatan tersebut tidak hanya seremonial, tetapi harus menjadi pemahaman bagi semua elemen masyarakat maupun petugas dari jajaran BPBD dan lainnya agar selalu siap siaga.

"Setiap orang, setiap elemen harus mengetahui perannya, jadi tim BPBD harus langsung bergerak, masyarakat juga harus siap siaga menyelamatkan diri terlebih dahulu, lalu diselamatkan oleh tim penyelamat," katanya.

Baca juga: Pemkab Tasikmalaya siapkan jalur alternatif atasi jalan jembatan ambruk

Ia menambahkan kegiatan tersebut dalam rangka mempersiapkan pasukan dan peralatan yang dimiliki pemerintah daerah untuk menanggulangi bencana alam.

"Kegiatan ini bertujuan mempersiapkan pasukan dan peralatan agar siap dalam menghadapi bencana di wilayah Kota Tasikmalaya dan mempererat kerja sama antarinstansi agar kompak dalam penanggulangan bencana alam di wilayah Kota Tasikmalaya," kata Cheka.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023