Antarajawabarat.com, 25/7 - Peraih medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2013 bidang IPS asal SMP Negeri 5 Bandung, Dimas Laksana Yudhaputra berangkat ke Moskow untuk mengikuti Olimpiade Sains Internasional 2013, Kamis.

"Ya... Dimas berangkat tadi siang ke Jakarta, selanjutnya 'take off' ke Moskow, Rusia pada tengah malam pukul 00.40 WIB. Ia salah satu wakil Indonesia Olimpiade Sains Internasional bidang IPS," kata Tim Pembimbing Olimpiade Sain SMP Negeri 5 Bandung Ny Tati Solehati di Bandung, Kamis.

Dimas mewakili Indonesia ke ajang olimpiade sains itu bersama dua rekannya sesama peraih emas OSN 2013 yakni Thalia Salsabila dari SMPN 115 Jakarta dan Aliya Hasna Mazaya dari SMP Salman Al-Farisi Bandung.

Menurut Tati, sebelum bertolak ke Moskow, anak didiknya itu ditempa dalam latihan marathon di kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat oleh tim dari Kementerian Pendidikan Nasional tepatnya di Pondok Bambu Lembang.

"Saat rekan sebayanya menikmati liburan, Dimas dan rekannya justru ditempa untuk persiapan ke Moskow. Setelah juara di OSN 2013 ia langsung mendapat pendampingan dari tim Kementerian Pendidikan," kata Tati Solehati yang juga guru pendamping saat menjuarai OSN 2013.

Keberangkatan Dimas selain dipandu oleh tim pendamping dari Kementerian Pendidikan Nasional, orang tua Dimas juga turut serta meski tidak dalam satu rombongan.

"Rencananya Bu Gustiara akan berangkat pada 27 Juli nanti," kata Ny Tati Solehati.
Dimas merupakan putra dari pasanyan dr Yudhaputra Tristanto dan dr Gustiara yang menyumbang satu dari dua medali emas pada OSN 2013 di Batam 15-21 Mei 2013 lalu.

Dua emas bagi Jabar lainnya dipersembahkan oleh Aliya Hasna Mazaya (SMP Salman Al Farisi Bandung) bidang IPS dan Michael Gilbert (SMPK BPK Penabur Cirebon) pada bidang Matematika.

Pada OSN 2013, Jabar menempati peringkat keempat dengan raihan tiga medali emas, tiga perak dan delapan perunggu.***4***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013