Antarajawabarat.com, 23/7 – PT Telekomunikasi Indonesia, (Telkom) bekerja sama dengan Pondok Pesantren Daarut Tauhid pimpinan KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), meluncurkan program "Santri Online".

"Program Santri Online adalah program yang bertujuan untuk memaksimalkan teknologi dalam mengkaji ilmu agama sehingga tidak terkendala oleh lokasi," kata General Manager Telkom Wilayah Jabar Tengah Binuri di Bandung, Selasa.

Peluncuran program itu dilakukan di Kompleks Pesantren Daarut Tauhid, Jalan Gegerkalong Girang Bandung, Senin.

Binuri menyebutkan, Telkom mendukung jaringan internet dan teknologi, sementara pihak Ponpes Daarut Tauhid menyediakan tim pemateri dan kurikulum belajar bagi para santri.

Teknologi yang tersedia di Program Santri Online ini, kata dia memungkinkan Aa Gym untuk menyampaikan kajian rutinnya kepada jamaah yang berlokasi di luar kota Bandung, mau pun luar negeri serta bersifat interaktif antara jamaah dengan narasumber.

"Selain memberikan dukungan jaringan internet dan teknologi, fasilitas lain yang disupport oleh Telkom adalah melalui aplikasi Qbaca dan useetv," kata Binuri.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan teknologi TV streaming useetv solusi dari Telkom Indonesia, dapat memudahkan jamaah untuk mengikuti ceramah Aa Gym karena bisa diakses melalui internet dimana saja dan kapan saja.

Sementara aplikasi Qbaca dimanfaatkan untuk membantu distribusi buku-buku karya Aa Gym dalam format digital sehingga bisa di-download dan dibaca menggunakan smartphone.

"Program ini sekaligus untuk memperluas dakwah dengan menjadi sarana belajar agama yang lebih mudah bagi jamaah dengan memanfaatkan teknologi," katanya.

Sementara itu Aa Gym menyambut baik sinergi Telkom dan Daarut Tauhid, sehingga bisa memaksimalkan dan memperluas syiar tanpa terhalang batas wilayah.

"Dengan teknologi, dakwah harus semakin luas dan menjangkau jamaah di seluruh dunia," kata KH Abdullah Gymnatiar menambahkan.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013