Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan menyiapkan acara penyambutan bagi tiga atlet pencak silat yang berhasil menyumbang medali emas untuk Merah Putih dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

"Koordinasi dengan pak bupati untuk penyambutan nanti, kita akan landing-nya di Dispora atau di pendopo. Apresiasi akan kita berikan dari pemda," kata Sekretaris KONI Kabupaten Garut Subhan Rohmansyah saat jumpa pers di Kantor KONI Garut Jalan Cimanuk, Senin.

Baca juga: Bupati bangga 3 atlet pencak silat Garut raih emas di SEA Games Kamboja

Ia menuturkan tiga orang atlet silat dalam regu putra artistik pencak silat Indonesia itu merupakan putra daerah dari Kabupaten Garut yang terpilih mewakili Provinsi Jawa Barat untuk bertanding di SEA Games 2023.

KONI Garut bangga dengan keberhasilan atlet asal Garut dari cabang olahraga pencak silat yang mampu meraih prestasi dengan menyumbangkan emas untuk Indonesia.

"Sesuai harapan pemerintah pusat, tiga orang yang kita kirimkan itu bisa meraih medali emas," kata Subhan didampingi Ketua Bidang Prestasi KONI Garut Eutik Karyana.

Ia mengatakan bupati Garut dan jajaran KONI Garut pada mulanya berencana untuk berangkat ke Phnom Penh dan menyaksikan pertandingan secara langsung. Namun akhirnya niat tersebut diurungkan.
Namun saat kepulangannya, kata dia, KONI dan Pemkab Garut siap menyambut para atletnya setelah acara prosesi sambutan dari Presiden Indonesia Joko Widodo dan Menteri Olah Raga RI.

"Apresiasi harus kita lakukan," katanya menegaskan.

Baca juga: Atlet pencak silat artistik beregu asal Jabar sumbang emas Indonesia di SEA Games 2023

Regu putra artistik pencak silat Indonesia yakni Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Rano Slamet Nugraha, merupakan pesilat kelahiran Kabupaten Garut, Jawa Barat yang berhasil meraih medali emas mengalahkan Thailand di SEA Games 2023 Kamboja.

Anggi dan Asep merupakan atlet yang saat ini sudah bekerja menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Pemuda dan Olah Raga, sedangkan Rano merupakan mahasiswa Universitas Garut.

Sebelumnya, Bupati Garut Rudy Gunawan dan Wakil Bupati Helmi Budiman mengapresiasi keberhasilan atlet asal Garut itu yang sudah meraih juara dengan menyumbangkan emas untuk Indonesia.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023