Wakil Bupati Garut Helmi Budiman memberdayakan kegiatan domba guling sebanyak 210 ekor bisa menjadi agenda wisata rutin yang diselenggarakan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dalam rangka mendongkrak perekonomian dan mengembangkan pariwisata Garut.

"Jadi acara rutin, betul kita dukung, pasti," kata Helmi Budiman melalui keteranagan di Garut, Minggu.

Ia menyampaikan acara Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Garut Wisata Explore 2023 yang menyajikan 210 ekor domba guling secara gratis berjalan sukses, dan banyak pihak yang mengapresiasinya.

Kegiatan yang diselenggarakan di Jalan Ibrahim Ajie, Kecamatan Tarogong Kaler selama dua hari itu, kata dia, merupakan acara yang luar biasa dalam rangka mendongkrak ekonomi dan mempromosikan sektor pariwisata Garut.

"Acara ini adalah acara yang sangat luar biasa, Bapak Presiden melalui amanatnya 8 amanat yang disampaikan langsung, salah satunya adalah bagaimana kita semua memperhatikan pertumbuhan ekonomi, kita semua juga harus memperhatikan pengendalian inflasi," katanya.

Ia mengapresiasi PHRI Garut secara inisiatif menyelenggarakan kegiatan 210 domba guling yang baru pertama kali dilaksanakan sebagai rangkaian ke-210 Hari Jadi Garut tanpa menggunakan APBD Garut.

"Ini adalah rangkaian yang murni tanpa APBD, ini betul-betul inisiatif daripada PHRI, baik dana maupun kegiatannya," kata Helmi.
Ketua PHRI Kabupaten Garut Deden Rochim menyampaikan sebanyak 210 ekor domba guling atau sebanyak 6 ribuan porsi daging domba guling habis dinikmati oleh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Ia mengatakan acara tersebut merupakan hasil kerja keras dari PHRI Garut dan dibantu oleh pihak lainnya, salah satunya peran dari Indonesia Chef Association (ICA).

Ia berharap tahun depan PHRI Kabupaten Garut bisa kembali menyelenggarakan kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Alhamdulillah, inilah salah satu bentuk khasanah atau bentuk sebuah kekayaan yang ada di Garut, terutama ya itu tadi, Garut ini adalah salah satu sentra kulinernya Jawa Barat," kata Deden.

Kegiatan 210 domba guling yang digelar Sabtu (6/5) dan Minggu di Garut berhasil masuk Rekor MURI penyajian domba guling terbanyak dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). 

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023