PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menegaskan pencuri sejumlah besi di proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang ditangkap oleh Polresta Bandung bukan pegawai internal.

"Sekali lagi kami luruskan bahwa pelaku bukanlah orang KCIC melainkan pegawai dari salah satu kontraktor di proyek KCJB. KCIC sebagai pemilik proyek meminta kepada seluruh kontraktor untuk memastikan integritas seluruh petugas yang dipekerjakannya dan meningkatkan keamanan pembangunan proyek KCJB," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Polresta Bandung tangkap 3 pencuri besi di proyek Kereta Cepat

KCIC pun meminta kepada seluruh kontraktor yang terlibat dalam proyek KCJB untuk meningkatkan pembinaan di internal, memperketat keamanan di area proyek, melakukan rekrutmen yang selektif serta memanfaatkan penggunaan teknologi dalam hal pengamanan, misalnya dengan memasang CCTV di berbagai titik rawan.

"Seperti halnya di proyek-proyek pembangunan lainnya, selalu ada pihak-pihak yang mencoba mengambil komponen atau barang yang bukan haknya karena merasa itu merupakan hal yang sepele," kata Rahadian.

Meski ada kejadian itu, KCIC memastikan pembangunan proyek KCJB secara keseluruhan tetap berjalan sesuai jadwal yang direncanakan. Seluruh aspek operasional akan tetap dipastikan keamanannya jelang operasional KCJB nantinya.

Baca juga: Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung dipasangi pencegah suara bising

"KCIC mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, dan seluruh pihak yang selama ini telah ikut membantu dalam mengamankan proyek KCJB. Kolaborasi ini diharapkan dapat mencegah dan meminimalisasi berbagai potensi gangguan yang dapat terjadi ke depannya," kata Rahadian.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KCIC sebut pencuri besi proyek kereta cepat bukan pegawai internal

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023