Ribuan wisatawan dari berbagai daerah ramai mengunjungi objek wisata Pantai Sayang Heulang, Santolo, dan Rancabuaya di Kabupaten Garut, Jawa Barat sejak memasuki libur Lebaran 2023.

"Untuk dua hari raya ini ada peningkatan 20 persen dari tahun kemarin, kurang lebih 3 ribu sampai 5 ribu," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pariwisata Pantai Sayangheulang, Santolo, dan Rancabuaya pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Ate Sutanto melalui siaran tertulis di Garut, Senin.

Baca juga: Kunjungan ke tempat wisata di Garut mulai ramai pada Lebaran ini

Ia menuturkan objek wisata pantai di Garut seringkali ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota pada momentum hari libur, seperti saat ini libur Lebaran.

Menurut dia, tingkat kunjungan ke objek wisata pantai yang dikelola pemerintah itu terjadi kenaikan dibandingkan dengan musim libur Lebaran tahun sebelumnya.

"Seperti yang telah diprediksi di awal sebelumnya, menurut pengalaman-pengalaman yang lalu, untuk Lebaran tahun ini perkiraan jumlah pengunjung di hari kedua Lebaran itu ada peningkatan," katanya pula.

Dia menyampaikan pengunjung yang datang ke objek wisata pantai selatan Garut terpantau selain dari Garut, ada juga dari Bandung, Jakarta dan kota sekitarnya, bahkan ada dari daerah Provinsi Banten maupun Yogyakarta.

"Bandung, sampai Jakarta juga ada, saya lihat pelat-pelat A juga dari Banten juga ada, saya juga tadi melihat pelat AB dari Yogyakarta juga ada, variatif," katanya lagi.

Ia berharap kunjungan ke tempat wisata yang dikelola pemerintah terus meningkat agar bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Garut yang akhirnya nanti bisa digunakan untuk pembangunan.

Selama pengunjung ramai, kata dia, situasi di kawasan objek wisata tetap aman dan nyaman, tidak ada gangguan yang membuat pengunjung tidak nyaman.

"Kunjungan tetap aman, nyaman, terkendali," katanya lagi.
Ia menambahkan pengelola wisata juga sudah menyiapkan kantong parkir kendaraan roda dua maupun empat bagi wisatawan di sekitar kawasan pantai.

"Kami sudah menyiapkan kantong parkir sekiranya di dalam sudah terjadi kemacetan, maka kami sudah menyiapkan kantong parkir yang diantisipasi untuk menampung jumlah pengunjung yang memang di luar dugaan," katanya pula.

Baca juga: Polairud tingkatkan pengamanan wisata pantai Garut saat libur

Salah seorang pengunjung pantai asal Bandung, Lusi mengatakan sengaja berwisata ke Pantai Sayang Heulang, setelah mudik ke kampung halamannya di Kecamatan Cikajang.

Menurut dia, objek wisata Pantai Sayang Heulang sudah cukup bagus dan lebih menarik dibandingkan tiga tahun lalu, terakhir mengunjungi pantai tersebut.

"Lebih bagus, soalnya sudah tiga tahun yang lalu saya ke sini, lebih bagus, tempat penginapannya lebih bagus dari sebelumnya," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan wisatawan mengunjungi pantai di Garut libur Lebaran

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023