Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Garut, Jawa Barat meningkatkan pengamanan dengan menerjunkan petugas gabungan di objek wisata pantai untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kecepatan bantuan apabila ada kejadian musibah menimpa wisatawan di pantai saat musim libur Hari Raya Lebaran.

"Ya, pengamanan lebih ditingkatkan dengan harapan zero laka laut," kata Kepala Satuan Polairud Polres Garut AKP Anang Sonjaya di Garut, Ahad.

Baca juga: Kemenparekraf sosialisasikan kemudahan izin usaha pariwisata dan ekraf di Garut

Ia menuturkan dari jajaran Satpolairud Polres Garut telah disiagakan di seluruh tempat wisata pantai di selatan Garut untuk melakukan pengamanan dan imbauan kepada wisatawan agar selalu waspada saat beraktivitas di pantai.

Pengamanan itu, kata dia, juga mendapatkan bantuan personel dari Direktorat Polairud Polda Jabar sebanyak 10 personel yang disebar di tujuh tempat wisata pantai selatan Garut.

"Tujuh lokasi wisata sudah terisi personel pengamanan," katanya.

Ia menyampaikan situasi objek wisata pantai di Garut mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah saat musim libur Lebaran.

Adanya peningkatan kunjungan itu, kata Anang, jajarannya memasang rambu imbauan dan peringatan zona bahaya untuk berenang di kawasan pantai selatan Garut.

Selain itu, lanjut dia, sejumlah personel mengimbau langsung menggunakan pengeras suara di sekitar pantai, maupun saat patroli menggunakan kapal ke tengah lautan.

"Imbauan selain di sekitar pantai juga imbauan dengan menggunakan rubber boat ditambah adanya personel BKO dari Direktorat Polairud Polda Jabar sebanyak 10 personel yang ditempatkan di tujuh wisata pantai selatan," katanya.
Selain Satpolairud Polres Garut, ada juga kegiatan pengamanan yang disiapkan oleh Pemkab Garut dengan menerjunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Balawista, Basarnas, dan sukarelawan bencana.
Tangkapan layar sejumlah polisi melakukan patroli pengamanan menggunakan perahu di objek wisata Pantai Santolo, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (23/4/2023). (ANTARA/Feri Purnama)

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi menyatakan pihaknya sudah siap siaga memberikan pelayanan apabila ada kejadian musibah menimpa wisatawan di tempat wisata saat musim libur Hari Raya Lebaran.

Baca juga: Tempat wisata pantai di Garut siap dikunjungi saat libur Lebaran

"Kita BPBD koordinasi dengan Balawista untuk pengamanan di tempat wisata pantai," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah daerah juga sudah memasang rambu-rambu bahaya terkait potensi bencana alam maupun zona bahaya di tempat wisata pantai.

Selain BPBD Garut dan Balawista, kata dia, ada juga unsur lain yang terlibat yakni kepolisian, TNI, instansi terkait dan sukarelawan untuk menanggulangi daerah yang terdampak bencana maupun kejadian di tempat wisata pantai.

"Kita juga ada rekan-rekan dari Basarnas, Balawista, relawan bencana untuk saling koordinasi dalam pengamanan Lebaran," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023