Polrestabes Bandung menghadirkan Posko Pengamanan Lebaran bertema Etnik Sunda dengan tujuan untuk memberi kenyamanan pada warga pada periode Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Pospam yang terletak di Jalan Ir H. DJuanda (Dago), Bandung, tepatnya di persimpangan Cikapayang itu, terlihat seperti saung dengan berbagai ornamen etnik Sunda serta bangunan dari bilik untuk membuat suasana serasa di pedesaan.

Baca juga: Wali Kota apresiasi Polrestabes Bandung aktifkan Tim Prabu

"Untuk konsep kita etnik nuansa kedaerahan, di sini nuansanya Sunda tujuannya untuk membuat nyaman para pengunjung sehingga merasa berada di kampung halaman. Bisa dilihat ada gazebo, lesehan untuk istirahat para pemudik dan wisatawan yang datang ke kota Bandung," kata Kasubnit Pengaturan Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjagwali) Polrestabes Kota Bandung, Iptu Ronny Sukmana di Bandung, Minggu.

Ronny menerangkan Pospam yang didirikan dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya Hari Raya Idul Fitri dan Cuti Bersama Lebaran Tahun 2023 ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti WiFi, saung istirahat, ruang laktasi, hingga kursi pijat.

"Kita sediakan kursi pijat bagi yang perjalanan jauh, pegal-pegal badan bisa dipijit di sini secara gratis. Ada saung untuk transit," ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses berbagai informasi seperti titik kemacetan, atau juga melaporkan kehilangan dan berbagai pelayanan lainnya.

"Masyarakat juga dapat mengakses CCTV seputar Bandung raya, pengendara ingin melihat titik keramaian dan macet bisa menghubungi call center 110, kring reskrim. Kalau ada yang kehilangan atau tidak tahu jalan kita juga bisa mengarahkan," kata dia.
Pada Pospam ini juga terdapat berbagai instansi yang membantu kepolisian, yakni Dinas Perhubungan, PMI, Dinkes, Satpol PP dan TNI.

Tahun ini, kata Ronny, diprediksi sekitar 200.000 wisatawan akan keluar masuk Kota Bandung.

Baca juga: Kapolrestabes Bandung aktifkan kembali tim Prabu

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas, utamakan keselamatan di jalan, menghargai sesama pengguna jalan karena banyak warga pendatang yang berwisata.

"Mungkin di sekitar jalan Dago Cikapayang untuk jalur wisata, akan ramai baik wisatawan yang akan ke kebun binatang dan Lembang dari luar kota. Mari kita sama-sama saling menjaga demi kelancaran pelaksanaan lebaran tahun ini," ujar Ronny menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023