Pemudik yang melintasi jalur mudik Cianjur, Jawa Barat, diminta berhati-hati dan waspada saat melintas di jalur utama mudik Cianjur, tepatnya di kawasan Sate Sinta-Cijedil, Kecamatan Cugenang yang masih tahap penanganan oleh Kementerian PUPR pascagempa.

Pewarta ANTARA di jalur mudik Cianjur, melaporkan pada H-1 Lebaran 2023 arus kendaraan dengan ciri khas mudik yang melintasi jalur utama Cianjur mulai kawasan Puncak hingga perbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat masih ramai dilalui pemudik jarak dekat.

Baca juga: Polres Cianjur siagakan petugas malam hari di lokasi rawan longsor Sate Sinta

Laju kendaraan tersendat saat memasuki kawasan Cibeureum beberapa ratus meter sebelum kawasan Sate Sinta, di mana alat berat masih terparkir di lokasi penanganan longsor yang disebabkan gempa tahun lalu sehingga petugas disiagakan dari kedua arah Cipanas dan Cianjur.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi dan imbauan bagi pengendara untuk mengurangi kecepatan dan tetap mematuhi anjuran petugas agar tidak terjadi antrean panjang kendaraan terutama pada malam hari.

Meski tidak terlihat antrean yang cukup panjang dari kedua arah namun laju kendaraan tersendat seiring masih tingginya volume kendaraan pemudik yang berbaur dengan kendaraan warga yang hendak mencari keperluan untuk hari raya.
Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Anaga Budiharso meminta pengendara dengan tujuan Cianjur atau sebaliknya menuju Cipanas untuk bersabar dan menurunkan laju kendaraan saat memasuki jalur tersebut karena landasan jalan yang licin akibat lumpur dan tanah karena masih proses penangan.

"Kami tempatkan petugas 200 meter dari kedua arah sebelum lokasi penanganan longsor Sate Sinta agar pengendara terutama pemudik tetap berhati-hati dan waspada serta bersabar karena laju kendaraan tersendat," katanya.

Untuk menghindari terjebak antrean, tambah dia, pemudik dapat memanfaatkan waktu tertentu saat arus kosong pada tengah malam dan dini hari. Pihaknya mengimbau pemudik untuk tidak memaksakan diri ketika lelah dan manfaatkan tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca juga: Polres Cianjur buka tutup jalur Sate Sinta-Cijedil

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023