Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat mempercantik taman-taman kota yang berada di sepanjang jalan raya atau yang berstatus jalan negara mulai dari perbatasan Bekasi hingga Kabupaten Karawang agar lebih terlihat indah dan membuat nyaman masyarakat.

"Kami melakukan pemeliharaan taman di sepanjang jalan negara mulai dari batas wilayah Kota Bekasi hingga Kabupaten Karawang," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir di Cikarang, Sabtu (8/4).

Baca juga: Sandiaga apresiasi Pokdarwis Desa Wisata Taraju Tasikmalaya maksimalkan potensi desa

Ia menyampaikan kegiatan pemeliharaan taman kota meliputi pengecatan ulang, penambahan fasilitas hingga ornamen dengan harapan mampu menambah estetika serta meningkatkan keindahan tata kota sehingga membuat nyaman warga yang beraktivitas di lokasi tersebut.

Tercatat, kata dia, ada lima taman kota yang berada di sepanjang jalan negara yakni dua taman di Kecamatan Cikarang Barat, dua di Cikarang Timur, dan satu taman kota di Kecamatan Kedungwaringin.

Ia mengatakan penataan taman kota itu ditargetkan bisa selesai beberapa hari ke depan, sehingga masyarakat tidak lama lagi akan menikmati keindahan kota di jalanan utama Bekasi.

"Saat ini proses perawatan sedang berlangsung dan ditargetkan beberapa hari ke depan sudah bisa diselesaikan," kata Chaidir.
 



Selama ini, kata dia, taman kota di Bekasi selalu menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat sekitar dan juga tempat bersantai, apalagi di taman tersebut juga dibangun dengan konsep memberikan kesejukan karena tanamannya yang hijau sekaligus menambah ruang terbuka publik.

Selain itu, lanjut dia, taman yang berlokasi di Jalan Oerip Soemohardjo, Kecamatan Cikarang Timur dibangun dengan konsep semangat perjuangan Pahlawan Nasional asal Kabupaten Bekasi yakni KH Noer Ali sehingga memberi kesan yang lebih menarik.

Ia menyampaikan setiap taman memiliki tema tersendiri seperti di Cikarang Timur menyuguhkan karakteristik tugu pahlawan KH Noer Ali bentuk mengenang jasa-jasa kepahlawanannya, di juga ada lukisan, dan gambaran sejarah singkat tentang tugu.

Baca juga: Anggota DPRD Jabar minta pemda perhatikan fasilitas SMAN 8 yang terdampak tol

Ia berharap setelah pelaksanaan perawatan selesai, masyarakat bisa kembali memanfaatkan taman-taman kota yang lebih nyaman.

Masyarakat juga diimbau bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan agar keberadaan taman dapat dinikmati dalam jangka waktu panjang.
 



"Mari bersama-sama kita menjaga kebersihan dan kenyamanan taman kota sebagai salah satu tempat kunjungan warga," katanya.

Khusus menjelang musim arus mudik Lebaran, kata dia, taman kota di Bekasi bisa menjadi tempat istirahat para pemudik yang kelelahan di perjalanan.

"Termasuk pemudik dibolehkan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan," katanya.

Baca juga: Polisi sebut kemacetan di perbatasan Bandung-Garut dampak perbaikan jalan

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023