Komisi Pemilih Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menetapkan 1.433.703 daftar pemilih sementara (DPS) hasil pelaksanaan pencocokan dan penelitian langsung ke masyarakat yang selanjutnya setelah tidak ada perbaikan akan masuk tahapan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024.

Baca juga: KPU Tasikmalaya butuh 1.248 petugas PPK/PPS untuk Pemilu 2024

"Rekapitulasi daftar pemilih sementara ini jumlah totalnya adalah 1.433.703 terdiri dari 726.315 pemilih laki-laki, dan 707.388 pemilih perempuan," kata Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Istianah saat dihubungi melalui telepon seluler di Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan KPU Kabupaten Tasikmalaya sebelumnya telah menerjunkan petugas pemutakhiran data pemilih untuk melakukan pencocokan dan penelitian data calon pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hasil dari pencocokan dan penelitian dari seluruh kecamatan di Tasikmalaya itu, kata dia, selanjutnya dilakukan rekapitulasi yang disaksikan perwakilan dari unsur forum komunikasi pimpinan daerah, kemudian seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Gedung MUI Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (5/4).

"Rapat pleno tersebut dihadiri oleh unsur Forkompimda, stakeholder, dan juga unsur partai politik, serta PPK se-Kabupaten Tasikmalaya," katanya.
Ia menyampaikan DPS Pemilu 2024 itu selanjutnya akan diumumkan panitia pemungutan suara (pps) di setiap desa kepada masyarakat untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari masyarakat tentang DPS tersebut.

Setelah proses itu, kata dia, KPU Garut akan memperbaiki apabila ada tanggapan dan masukan dari masyarakat, setelah selesai tahapan tersebut selanjutnya kembali menggelar rapat pleno dan masuk tahapan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

"KPU akan memperbaiki DPS hasil tanggapan dan masukan dari masyarakat kemudian diplenokan kembali, nanti setelah selesai daftar pemilih hasil perbaikan, baru masuk pada tahapan daftar pemilih tetap," katanya.

KPU Tasikmalaya mencatat DPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 1.433.703 orang itu jumlahnya meningkat dibandingkan dari jumlah DPT pada Pemilu 2019 sebanyak 1.366.465 pemilih.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023